Ini Dia 4 Ide Hemat BBM dan Listrik Ala Presiden SBY

by
May 1st, 2012 at 2:08 pm

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan mengumumkan empat aturan penghematan BBM subsidi dan listrik. Aturan-aturan tersebut nantinya akan direalisasikan pemerintah agar bisa memangkas konsumsi BBM subsidi. Lalu, apa saja empat aturan tersebut?

Keempat aturan yang akan diumumkan Presiden SBY sebagian besar menyangkut masalah BBM subsidi. Tapi satu dari aturan tersebut mencanangkan juga aksi hemat sumber daya listrik yang dimulai dari pemerintahan sendiri.

Berikut empat aturan penghematan BBM dan listrik yang akan dikeluarkan oleh Presiden SBY seperti dikutip dari detikFinance:

1. Kendaraan pemerintah tidak boleh lagi menggunakan BBM premium (subsidi)
2. Penghematan penggunaan listrik di seluruh kantor dan perumahan yang dipelopori oleh kantor pemerintahan.
3. Konversi BBM ke BBG
4. Pembatasan konsumsi BBM subsidi untuk mobil dengan cc tertentu

Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan, dari empat aturan penghematan tersebut yang paling rumit pengkajiannya adalah pembatasan konsumsi BBM subsidi dengan cara melarang cc tertentu untuk membeli BBM subsidi.

“Dari keempat aturan yang disiapkan, tiga sudah selesai dan masih ada satu yang masih dibahas ulang, yaitu urusan cc,” kata Jero dikutip dari situs Kementerian ESDM, Selasa (1/5/2012).

Menurut Jero meski masalah pembatasan BBM subsidi pada cc tertentu masih belum siap, ketiga aturan yang sudah siap harus segera diterapkan. “Yang tiga jalan dulu, yang satu kami cari cara yang paling mudah kontrolnya,” ujarnya.

Keempat aturan ini nantinya akan langsung dijalankan setelah Presiden SBY mengumumkan kepada publik secara langsung. Jadi siap-siap saja untuk mengikuti keempat aturan tersebut.

Comment di sini