Lagu ‘Iwak Peyek’ Ramaikan Aksi Demo Buruh di Bundaran HI

by
May 1st, 2012 at 9:13 am

Para buruh yang memperingati Hari Buruh Sedunia (May Day) melakukan aksi unjuk rasa di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Lantunan lagu ‘Iwak Peyek’ yang dinyanyikan langsung oleh seorang penyanyi wanita membuat para buruh asik berjoged di sekitar lokasi unjuk rasa.

Seperti dikutip dari detikcom, Selasa (1/5/2012), sekitar pukul 07.40 WIB, sedikitnya 20-an buruh yang tengah rehat berorasi, terlihat asik berjoged sembari mengerumuni truk pick-up yang membawa pengeras suara. Seorang biduan wanita yang tengah menyanyikan lagu dangdut ‘Iwak Peyek’ juga ikut berbaur dengan mereka.

Sementara itu, buruh-buruh lainnya memilih duduk-duduk di pinggir trotoar maupun di pinggiran kolam Bundaran HI. Setelah lagu ‘Iwak Peyek’ sudah selesai, mereka pun membubarkan diri dan kembali mempersiapkan diri untuk berorasi.

Akibat aksi joged buruh tersebut arus lalu lintas di sekitar kawasan Bundaran HI menjadi semakin padat. Volume kendaraan semakin bertambah, namun belum ada pengalihan arus oleh polisi.

Sebelumnya diberitakan, sekitar 100-an orang yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) telah memenuhi kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, pagi ini. Mereka merupakan sebagian massa yang ikut dalam aksi unjuk rasa memperingati Hari Buruh Sedunia yang jatuh pada 1 Mei.

Para buruh berunjuk rasa meminta agar pemerintah memberikan kesejahteraan buruh. Mereka juga menuntut agar sistem kerja kontrak segera dihapus. “Kami pekerja atau buruh Indonesia menuntut perumahan bagi para pekerja atau buruh yang layak dan murah atau terjangkau,” teriak salah satu orator.

Diperkirakan akan ada 50 ribu orang yang akan berunjuk rasa di Hari Buruh Sedunia 1 Mei 2012 ini. Untuk mengamankan demo, pihak Polisi menyiapkan 16.700 personel gabungan.

Untuk menghindari adanya kemacetan parah dari demo buruh hari ini, pihak Polda Metro Jaya sudah menyiapkan jalan alternatif. Jalan ini disiapkan untuk mengantisipasi adanya penumpukan kendaraan di sekitar titik unjuk rasa.

Comment di sini