Uji Coba Contra Flow di Tol Jakarta Dimulai Hari Ini

by
May 1st, 2012 at 8:46 am

Uji coba sistem melawan arus (contra flow) di tol dalam kota Jakarta mulai dilakukan hari ini. Pemberlakuan contra flow dimulai dari depan Bank Bukopin hingga gedung MPR/DPR di jalan tol dalam kota dari Cawang hingga Semanggi, Jakarta Pusat.

Sistem contra flow diterapkan pada pukul 06.00 – 10.00 WIB selama hari kerja dan diuji coba selama sebulan. Sejumlah spanduk sosialisasi sudah dipasang di jalan tol dalam kota untuk mensosialisasi uji coba ini kepada pengguna jalan tol.

Sistem contra flow ini merupakan ide dari PT Jasa Marga bersama Polda Metro Jaya untuk mengurangi kepadatan di jalan tol dalam kota Cawang-Tomang yang tak seimbang dari sisi timur ke barat dan sebaliknya. Dengan cara ini diharapkan arus lalu lintas bisa berjalan lancar.

“Tingginya jumlah kendaraan itu menyebabkan kecepatan rata-rata di tol dari Cawang hingga Semanggi kurang dari 30 kilometer per jam,” kata Direktur Utama PT Jasa Marga Adityawarman, Senin (30/4) kemarin.

Menurut Aditya, sistem contra flow ini aman karena telah digunakan sejak 10 tahun lalu di jalan Jakarta-Tangerang di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, hingga Karang Tengah, Tangerang. Sistem contra flow ini diprediksikan akan meningkatkan laju kendaraan jadi 45 kilometer per jam.

Sistem contra flow adalah sistem melawan arus menggunakan sisi jalan yang berlawanan bertujuan menekan kemacetan pada pagi hari di ruas jalan tersebut. Agar aman, pihak PT Jasa Marga sudah menyiapkan rubber cone dan tali pemisah jalur contra flow. Sejumlah polisi jalan raya juga akan disiagakan di beberapa lokasi untuk mengamankan uji coba ini.

Kepala Dinas Perhubungan Udar Pristono mendukung pemberlakuan sistem lawan arus ini. Menurut dia, sistem contra flow bisa efektif memepercepat laju kendaraan di jalan tol dalam kota.

Bagi Anda yang sering melintasi jalan tol dalam kota Cawang sampai Semanggi Jakarta bisa menggunakan jalur lawan arah atau contra flow. Tapi ingat, sistem lawan arah ini hanya berlaku pada jam 06.00 – 10.00 WIB saja.

Hati-hati dalam memacu kendaraan Anda karena sistem contra flow ini masih dalam tahap uji coba. ;)

Comment di sini