CiriCara: Ciri Kecanduan Game Pada Anak

by
May 2nd, 2012 at 11:02 am

Belakangan ini banyak sekali anak-anak yang suka bermain game online di warnet atau di rumah. Sehari satu kali atau seminggu satu kali sih masih dalam tahap yang wajar. Tapi, jika setiap hari dia selalu bermain dan sehari bisa sampai puluhan jam ini baru tidak wajar. Jangan-jangan anak Anda kecanduan game?

Jika bermain game masih dalam waktu yang wajar, itu bisa menjadi stimulasi yang baik bagi anak. Namun, ketika anak menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari untuk bermain game, layaklah orangtua waspada pada kecenderungan baru yang mungkin terjadi pada setiap anak yaitu kecanduan game.

Agar Anda bisa mengetahui anak Anda kecanduan game atau tidak, lebih baik kenali dulu ciri anak kencanduan game berikut ini:

1. Selalu memikirkan game

Tidak peduli dia sedang sekolah atau les, sebagian besar waktunya dihabiskan untuk memikirkan tentang bermain game, belajar tentang cara bermain game, dan menunggu kesempatan selanjutnya untuk bermain. Jika sudah begini dia sudah kecanduan pastinya.

2. Tak ingat waktu dan menghabiskan banyak uang

Semakin hari semakin banyak waktu atau biaya (jika bermain di warnet) yang dihabiskan untuk bermain game. Ini sudah pasti kalau dia sudah kecanduan game. Lihat saja uang yang harusnya buat jajan malah buat main game.

3. Berani berbohong

Dia selalu berbohong saat dia meminta uang untuk bermain game. Berbohong hanya untuk bermain game? Itu pertanda sudah kecanduan game.

4. Mencuri uang

Mulai berani mengambil uang tanpa seizin orangtua atau bahkan mencuri uang hanya untuk bermain game di warnet, sudah merupakan tanda kalau anak Anda kecanduan. Tindakan nekat seperti mencuri uang ini sudah berada dibatas kewajaran seorang anak.

5. Lupa dengan tugasnya

Anak yang kecanduan game biasanya suka melupakan kegiatan rumah sehari-hari seperti makan, mandi, dan berganti pakaian. Jika hal ini terjadi pada anak Anda itu artinya dia kecanduan game.

6. Melupakan belajar dan mengerjakan tugas

Hampir setiap malam dia tidak pernah belajar atau mengerjakan pekerjaan sekolah hanya untuk main game. Akibatnya nilai pelajarannya saat ujian menjadi turun. Jika sudah begini tidak diragukan lagi kalau anak Anda kecanduan game.

7. Meminta perangkat game dengan tidak sabar

Meminta orangtua atau saudara uang untuk membeli perlengkapan game (termasuk CD game) dengan memaksa dan emosi, sudah menunjukkan kalau anak Anda mulai ketergantungan dengan game.

Jika ciri-ciri di atas sudah terlihat pada anak Anda, itu artinya anak Anda sudah kecanduan game. Jangan biarkan kebiasaan buruk ini terus berlanjut, segerlah untuk melakukan pencegahan agar tidak terlalu parah.

Semoga bermanfaat..!!

Comment di sini