Insiden Bendera Terbalik Warnai Upacara Hardiknas 2012 di Banyuwangi

by
May 2nd, 2012 at 2:14 pm

Suasana khusyuk dalam pergelaran upacara bendera untuk menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lapangan Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur, pada Rabu (2/5) berubah tegang setelah bendera merah putih yang dipergunakan terbalik.

Upacara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi itu dihadiri oleh ratusan pelajar dan mahasiswa serta sejumlah pejabat termasuk Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang menjadi inspektur upacara.

Pasukan pengibar bendera yang berasal dari SMA Negeri 1 Glagah tidak menyadari bahwa tali bendera terbelit sehingga mengakibatkan posisi bendera terbalik. Tak pelak suasana tegang terasa ketika bendera merah putih itu akan dikerek ke atas.

Seorang anggota TNI AD bergegas membetulkan posisi bendera. Ia berdiri dari tempat duduknya di bagian tamu undangan dan berlari ke arah tiang bendera.

Seusai upacara, semua anggota pasukan pengibar bendera langsung menangis ketika mengetahui bahwa bendera yang mereka pasang terbalik. Mereka tidak bersedia berbicara kepada media.

Komandan Unit Intelijen Kodim 0825 Banyuwangi, Letnan Satu Infanteri Mulyanto, mengatakan para petugas itu tidak dilatih oleh TNI. Ia juga mengatakan bahwa sebelumnya dalam 2 gladi resik mereka tidak melakukan kesalahan ketika mengerek bendera.

Comment di sini