CiriCara: Cara Mengenali Uang Asli dan Uang Palsu

by
May 3rd, 2012 at 4:58 pm

Kasus peredaran uang palsu di Indonesia memang sudah terjadi sejak lama. Meski uang rupiah saat ini sudah mengalami perubahan baik bentuk dan warna, namun tetap saja masih bisa dipalsukan. Kemajuan teknologi yang ada semakin memudahkan para pembuat uang palsu.

Tentu Anda tidak ingin kan jika nantinya mendapatkan uang palsu? Nah, jika Anda tidak ingin mendapatkan uang palsu lebih baik pelajari dulu cara mengenali uang palsu agar nantinya Anda tidak tertipu. :)

Berikut cara mengenali uang asli dan uang palsu:

1. Lihat dari segi ciri fisiknya

Mengenali uang asli dan uang palsu bisa dilakukan dengan cara melihat ciri fisiknya. Perhatikan mulai dari bentuk, warna dan tekstur bahan yang digunakan untuk membuat uang (kertas, plastik atau logam). Caranya, Anda bisa mencoba mencocokan dua uang dengan nominal yang sama. Perhatikan bentuk dan teksturnya apakah sama atau tidak, jika tidak sama maka salah satu dari uang itu adalah palsu.

2. Unsur pengaman pada uang kertas rupiah

Jika ingin memastikan uang ini asli atau palsu, Anda bisa memperhatikan keberadaan dari unsur pengaman pada uang kertas rupiah. Pastikan semua pengaman ada pada uang yang Anda miliki sekarang. Karena jika tidak ada pengamannya, uang Anda kemungkinan besar uang palsu.

3. Dilihat

Lihatlah uang yang Anda miliki, apakah warnanya pudar, kusam, pucat, luntur, patah-patah, atau masalah lainnya. Pastikan uang yang Anda periksa tadi memiliki warna, corak dan gambar yang baik serta memiliki tanda-tanda uang asli seperti tanda air yang menggambarkan pahlawan-pahlawan nasional, bahan kertas serta benang tali pengaman yang berada di dalam uang tersebut. Uang-uang pecahan besar biasanya memiliki tanda keaslian lain seperti corak gambar dengan warna yang mencolok dan sulit ditiru penjahat. Pastikan uang itu benar-benar asli.

4. Diraba

Usaplah uang tersebut apakah uang itu terasa kasar atau lembut. Uang yang asli biasanya agak kaku dan tebal bahan kertasnya. Di samping itu pada angka atau gambar uang biasanya sengaja agak menonjol dan akan terasa jika diusap-usap. Rabalah uang Anda apakah sudah asli atau belum.

5. Diterawang

Langkah yang terakhir adalah menerawangkannya ke sumber cahaya kuat seperti matahari dan lampu. Setelah diterawang lihatlah bagian tali pengaman dan tanda mata air apakah dalam kondisi baik atau tidak.

Itulah beberapa cara mengenali uang palsu atau uang asli. Meski sekarang sudah jarang yang melaporkan adanya uang palsu, Anda tetap harus waspada. Karena belum tentu kasus uang palsu benar-benar sudah hilang. ;)