CiriCara: Cara Merawat Wajah Berjerawat

by
May 3rd, 2012 at 10:35 am

Merawat kulit wajah yang berjerawat memang susah. Jika kita salah merawatnya yang terjadi jerawat di kulit akan semakin bertambah banyak. Menggunakan kosmetik anti jerawat juga belum tentu efektif karena tidak semua kulit cocok dengan kosmetik anti jerawat.

Tentu kamu tidak ingin kan kulit yang berjerawat malah jadi tambah parah? Tenang, ada kok cara merawat wajah berjerawat yang benar dan yang pasti jerawat di wajah kamu gak bakal jadi tambah parah.

Berikut cara merawat wajah berjerawat:

1. Hindari pemakaian make-up yang berlebihan

Berdandan dan memakai make-up bagi seorang cewek adalah kebutuhan, itu sebabnya tidak bisa ditinggalkan. Tapi jika kulit wajah kamu sedang berjerawat sebaiknya perhatikan ukuran dalam memakai make-up. Memakai bedak yang berlebihan hanya akan membuat pori-pori kulit wajah tertutup dan bisa menyebabkan jerawat semakin banyak. Lebih baik gunakanlah make-up secukupnya saja.

2. Jangan memegang dan memencet jerawat

Memegang dan memencet jerawat adalah hal yang harus kamu hindari. Tangan mengandung bakteri yang berbahaya. Tahukah kamu apa yang akan terjadi jika kebiasaan memencet jerawat sering dilakukan? Jerawat bisa semakin meradang dan merah. Selain itu bakteri di permukaan kulit akan cepat menyebar dan berkembang biak. Lebih baik biarkan saja jerawat pecah secara alami.

3. Hindari konsumsi makanan berlemak

Selain soal fisik, soal makanan juga harus diperhatikan. Hindari konsumsi makanan berlemak karena bisa memicu terjadinya penumpukan kadar minyak di permukaan kulit wajah. Kelenjar lemak yang ada di dalam tubuh semakin aktif jika kamu memakan makanan berlemak. Sebaiknya perbanyaklah makan makanan yang berserat alami seperti sayuran.

4. Pakailah obat jerawat yang tepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak semua kulit cocok dengan obat anti jerawat. Jadi pilihlah obat jerawat yang tepat untuk kulit wajah kamu. Cek kegunaan, bahan, tanggal kadaluwarsa, dan cara pemakaiannya. Pastikan obat tersebut lulus uji klinis dan terdaftar di badan POM. Jika ada bahan yang bisa membuat kulit kamu alergi sebaiknya jangan dibeli.

5. Menjaga kebersihan kulit wajah

Cara terakhir untuk merawat wajah berjerawat adalah dengan menjaga kebersihan kulit. Rutinitas ini bisa dilakukan di pagi hari, sebelum tidur, dan sepulang kantor. Cucilah muka dengan mengggunakan sabun atau produk pembersih yang tepat. Cucilah muka dengan menggunakan sabun atau produk pembersih yang tepat. Pastikan wajah kamu dalam keadaan bersih saat kamu akan pergi tidur.

Merawat kulit berjerawat membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Wajah berjerawat memerlukan perhatian khusus dibanding jenis kulit wajah yang lain. Dengan mengikuti cara di atas, semoga penampilan kamu secara keseluruhan bisa terlihat mempesona.

Comment di sini