Fenomena Supermoon Akan Terjadi Sabtu 5 Mei Besok

by
May 3rd, 2012 at 11:44 am

Jangan lewat munculnya fenomena supermoon yang akan terjadi pada akhir pekan ini, Sabtu 5 Mei 2012. Fenomena ini terjadi lantaran Bulan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi. Dengan kata lain kita bisa melihat bulan dengan ukuran yang jauh lebih bisar dari biasanya.

Menurut space.com (30/4), fenomena supermoon akan terjadi pada 5 Mei mendatang. Saat itu terjadi, Bulan akan terlihat lebih besar dan lebih terang hingga 16 persen dari rata-rata.

“Ini kaitannya dengan jarak terdekat Bulan dengan Bumi. Bulan terlihat lebih besar dari biasanya, namun biasa susah untuk membedakannya,” kata Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Anatariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, seperti dikutip dari detikcom.

Djamaluddin menjelaskan, jarak rata-rata Bulan dengan Bumi adalah 384 ribu km. Nah, pada saat supermoon terjadi, jarak Bulan dengan Bumi sekitar 357 km. Sehingga pada saat fenomena terjadi, jarak bulan lebih dekat 27 ribu km dari jarak rata-ratanya.

“Kalau jarak terdekat dengan Bumi, sebenarnya setiap bulan juga terjadi. Tetapi ketika berada di jarak terdekatnya sedang dalam kondisi purnama tidak selalu terjadi,” terangnya.

Sekedar info

Supermoon adalah istilah yang digunakan oleh para astrolog untuk menggambarkan keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi (apsis/pergee). Fenomena ini terjadi karena lintasan orbit Bulan pada Bumi tidak berbentuk lingkaran sempurna.

Kalau ada jarak terdekat, maka akan ada jarak terjauh. Ya, pada 28 November mendatang akan terjadi fenoma kebalikan dari supermoon. Dimana jarak Bulan dan Bumi berada di titik terjauh sepanjang rotasinya. Akibatnya saat itu terjadi ukuran bulan akan terlihat kecil dan sinarnya redup.

Fenomena supermoon ini sebenarnya hampir terjadi disetiap tahun, hanya saja tidak banyak orang yang menyadari keberadaan supermoon ini. Apalagi bagi mereka yang hidup di kota besar akan sangat sulit membedakan supermoon atau bukan. Tahun lalu supermoon terjadi pada bulan Maret 2011.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk melihat fenomena supermoon yang terjadi satu kali dalam satu tahun besok?

Comment di sini