Gejala-gejala Penyakit Kanker Paru-paru (Lung Cancer)

by
May 4th, 2012 at 11:33 am

Penyakit kanker paru-paru adalah penyakit yang diakibatkan adanya pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali dalam jaringan paru. Penyakit ini biasanya akan mengganggu penapasan pada penderitanya.

Penyebab utama munculnya penyakit kanker paru-paru adalah rokok. Semakin banyak rokok yang dihisap, semakin besar pula risiko untuk menderita kanker paru-paru. Jika ingin terhindar dari penyakit ini maka hentikanlah kebiasaan merokok Anda dari sekarang.

Gejala penyakit kanker paru-paru biasanya berupa batuk. Jika Anda sering batuk-batuk setelah merokok itu bisa jadi pertanda kalau Anda sudah terjangkit kanker paru-paru atau lung cancer. Jadi belajarlah untuk menghentikan kebiasaan merokok Anda.

Untuk lebih jelasnya, berikut ada beberapa gejala-gejala umum penyakit kanker paru-paru:

1. Batuk yang terus menerus atau menjadi hebat.
2. Dahak berdarah, berubah warna dan makin banyak.
3. Napas sesak dan pendek-pendek.
4. Sakit kepala, nyeri atau retak tulang dengan sebab yang tidak jelas.
5. Kelelahan kronis.
6. kehilangan selera makan atau turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas.
7. Suara serak/parau.
8. Pembengkakan di wajah atau leher.

Gejala pada kanker paru umumnya tidak terlalu terlihat, sehingga kebanyakan penderita kanker paru yang mencari bantuan medis telah berada dalam stadium lanjut. Kasus-kasus kanker paru-paru stadium dini atau awal sering ditemukan tanpa sengaja ketika seseorang melakukan pemeriksaan kesehatan rutin.

Jadi agar lebih aman, lebih baik periksakan diri Anda ke dokter saat sakit dan batuk-batuk. Apalagi jika Anda merupakan perokok aktif atau pasif. Karena bisa saja batuk yang Anda alami itu adalah penyakit kanker paru-paru.

Comment di sini