Siap-siap! Hujan Meteor Akan Terjadi Pada 6 Mei 2012

by
May 4th, 2012 at 2:32 pm

Hujan meteor dikabarkan akan menghiasi angkasa pada Minggu 6 Mei 2012. Ini adalah puncak dari hujan meteor Eta Aquarids. Saat mencapai puncaknya, hujan meteor ini akan memperlihatkan satu meteor di langit setiap satu menit sekali. Bagaimana tertarik untuk melihatnya?

“Puncak hujan meteor ini tanggal 6 Mei. Pada dini hari terbit di timur, lalu menjelang subuh arah tenggara,” jelas Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, dalam perbincangan seperti dikutip dari detikcom, Jumat (4/5/2012).

Djamaluddin menjelaskan, hujan meteor Eta Aquarids muncul dari bintang Eta Aquarids di rasi Aquarius. Fenomena ini terjadi setiap tahun, dari tanggal 19 April hingga 28 Mei. Puncaknya antara 6 Mei hingga 8 Mei dinihari.

Menurut Djamaluddin yang pernah sekolah di Universitas Kyoto, Jepang, fenomena hujan meteor Eta Aquarids adalah fenomena angkasa tahunan yang terjadi manakala Bumi melintasi sisa debu komet Halley. Di saat puncak akan ada 60 meteor per jam, alias satu meteor per menit.

Komet Holley merupakan komet yang terlihat dari bumi setiap 75-76 tahun. Diberi nama Halley karena ditemukan oleh Edmund Halley.

Menurut Djamaluddin, lintasan pada April-Mei menghasilkan hujan meteor Eta Aquarids yang terjadi dua kali dalam setahun. Sementara jika melintas pada bulan Oktober menghasilkan hujan meteor Orionids.

“Orionids tidak sebesar Eta Aquarids, hanya sepertiga dari Eta Aquarids,” terangnya.

Sebelumnya dikabarkan pada hari Sabtu 5 Mei 2012 besok akan terjadi fenomena supermoon. Namun hal itu salah, ternyata fenomena supermoon juga akan terjadi pada hari Minggu 6 Mei 2012. Jadi, di hari Minggu nanti Anda bisa melihat dua fenomena sekaligus supermoon dan hujan meteor.

Comment di sini