Ribuan Lampion Meriahkan Perayaan Waisak di Borobudur

by
May 5th, 2012 at 1:16 pm

Candi Buddha terbesar di dunia, Borobudur, akan menjadi pusat perayaan Hari Raya Waisak pada Minggu, 6 Mei 2012. Bersama Candi Mendut, Borobudur sekali lagi akan menjadi titik penerbangan ribuan lampion ke udara yang menjadi tanda puncak perayaan.

Hartati Murdaya selaku Ketua Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) memberikan pernyataan soal ditetapkannya Candi Borobudur dan Mendut sebagai pusat perayaan setelah bertatap muka dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Kamis (3/5) di Jakarta.

Harati juga mengungkapkan salah satu bagian dari perayaan Waisak tahun 2012 ini adalah pengambilan api alam dari Mrapen, Purwodadi, Jawa Tengah, untuk dibawa ke Candi Mendut yang menjadi pusat sarana pemujaan. Candi Borobudur menjadi titik perayaan selanjutnya setelah Candi Mendut dalam rangkaian upacara perayaan Hari Raya Waisak.

Sebelumnya, pada Kamis dan Jumat (3-4 Mei 2012), Walubi juga mengadakan pengobatan gratis bagi kira-kira 4.000 orang tidak mampu sebagai bagian dari perayaan Waisak 2012.

Presiden Yudhoyono dijadwalkan akan turut hadir dalam upacara menyambut Waisak serta menyaksikan drama musikal yang diselenggarakan pada 6 Mei 2012.

Comment di sini