CiriCara: Cara Motret Pakai DSLR Dengan Cahaya Minim

by
May 7th, 2012 at 2:22 pm

Apakah kamu salah seorang pengguna kamera DSLR? Jika ya, pasti sedikit banyak kamu mengerti tentang teknik pengambilan foto dengan pertimbangan lighting/pencahayaan bukan? Nah, bagaimana jika kamu mau mengambil foto dengan kondisi dimana pencahayaan itu minim, dan di saat yang bersamaan kamu tidak membawa flash external dan kamu tidak suka menggunakan pop-up flash yang ada pada body kameramu?

Sebenarnya caranya cukup mudah, salah satunya adalah dengan menaikkan tingkat ISO/ASA pada kameramu, di sekitar 800 ke atas. Namun ada satu masalah yang harus kamu hadapi nantinya. Semakin tinggi ISO yang kamu gunakan, akan semakin parah juga tingkat noise yang kamu dapatkan. Lalu, apakah ada cara lain? Jawabannya, ada.

Pertama-tama, pastikan kamu membawa tripod untuk kamera itu. Jika kamu bawa, maka itu akan sangat membantu, kecuali kamu memiliki tangan yang sangat kuat dan stabil untuk menahan kamera agar tidak bergerak selama proses pengambilan foto.

Letakkan kamera di atas tripod, lalu setting ISO di tingkat 400. Jika mau, bisa juga di atasnya, 100 atau 200. Lalu pada Shutter Speed, coba di setting 1/15 atau lebih lambat sedikit dari itu. Bisa 1/8 juga kalau mau. Dan pada exposure mode, atur agar dia berada pada tingkat Speed Priority.

Semua sudah siap? Jika sudah, bidik sasaran kamu, dan silakan mencoba!

Comment di sini