Riset: Perempuan Cantik Lebih Sulit Cari Kerja

by
May 7th, 2012 at 12:46 pm

Kecantikan adalah kelebihan yang sangat menguntungkan bagi para perempuan. Kelebihan ini terkadang membuat mereka lebih unggul dalam dunia asmara dibanding dengan mereka yang biasa-biasa saja. Lalu, bagaimana efek kecantikan bagi karir si perempuan?

Kecantikan tidak selamanya berbuah manis, di Israel perempuan yang mempunyai paras cantik justru lemah saat mencari pekerjaan. Mereka akan lebih sulit mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan perempuan yang mempunyai paras biasa saja.

Itulah yang berhasil diungkap melalui penelitian yang dilakukan di dua universitas di Israel. Para peneliti berkesimpulan bahwa perempuan cantik sering mendapatkan perlakukan berbeda alias diskriminasi. Tetapi bukan karena perusahaan menganggap kalau perempuan cantik itu bodoh.

Berdasarkan penelitian, perempuan cantik susah dapat pekerjaan karena adanya staf HRD berjenis perempuan. Pasalnya HRD perempuan tidak suka dengan perempuan cantik karena takut kecantikannya itu tersaingi oleh karyawan baru.

Metodologi penelitian ini melibatkan pria dan wanita yang mengirim resume (surat lamaran kerja) ke 2.656 perusahaan. Beberapa mencantumkan foto dan beberapa tidak mencantumkan foto mereka di resume yang mereka kirimkan.

Setelah itu diketahui, pria tampan dua kali lebih sering dipanggil wawancara ketimbang pria biasa (atau yang tidak menyertakan foto). Sementara itu, wanita yang berwajah cantik jarang sekali mendapat panggilan wawancara sementara wanita yang biasa dan tidak mencantumkan foto malah lebih sering dipanggil wawancara.

Meski perempuan cantik lebih sulit menerima panggilan wawancara, penelitian menunjukkan, ketika sudah diterima perusahaan, mereka memiliki gaji yang lebih tinggi. Bahkan jenjang kariernya naik lebih cepat dibandingkan yang berwajah rata-rata.

Itulah hasil penelitian dari Israel mengenai wanita cantik. Namun, riset atau penelitian ini tidak bisa diterapkan di semua negara misalnya saja Indonesia. Karena masing-masing negara mempunyai sistem kerja yang berbeda-beda.

Sekedar tips untuk Anda, pakailah kacamata saat melamar kerja. Pasalnya kacamata bisa membantu menampilkan kesan yang lebih baik. Tapi bukan kacamata buat gaya-gaya lho ya.! :D

Semoga bermanfaat.!

Comment di sini