Video Bentrok Susulan Ormas vs Warga Solo

by
May 7th, 2012 at 1:32 pm

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, Jumat (4/5) kemarin terjadi bentrok susulan di Jalan RE Martadinata, Solo. Ratusan anggota organisasi masyarakat (ormas) keagamaan melakukan aksi sweeping ke rumah warga.

Bentrok susulan ini melibatkan anggota ormas (laskar jihad) dengan warga Gandekan, Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah. Anggota ormas melakukan sweeping sambil membawa senjata tajam seperti golok dan mengenakan helm.

Tidak hanya itu, anggota ormas pun memecahkan kaca dan genteng rumah warga yang mereka lalui dan meledakan bom molotov tepat di tengah jalan. Polisi yang berjaga tidak mampu berbuat banyak karena anggota ormas berjumlah ratusan lebih dan brutal.

Menurut Kasubag Humas Polresta Surakarta, Ajun Komisaris Polisi Sis Raniwati, bentrokan itu bermula saat ratusan anggota ormas pamer kekuatan, dengan melakukan aksi sweeping keliling kampung.

“Mereka intinya ingin memperlihatkan kepada warga bahwa mereka punya kekuatan. Bahwa ‘kami ini kuat, loh,” jelas Sis. Aksi sweeping ini dimulai dari Mojo, Kelurahan Semanggi sampai ke Kelurahan Gandekan.

Saat di sebuah bengkel, massa dilempari botol. Ratusan anggota laskar pun mengamuk dan menghajar dua warga yang ada di bengkel tersebut.

Pengeroyokan brutal itu memicu kemarahan warga. Tak ayal, mereka menyerang balik anggota laskar. “Intinya balas dendam dari kelompok warga. Kemudian, ada motor kelompok itu dibakar,” jelas Sis saat ditanya mengenai motif dari bentrok tersebut.

Berikut video bentrok susulan antara ormas vs warga Gandekan, Solo, Jumat 4 Mei 2012:

Setidaknya ada dua korban luka akibat dari bentrok tersebut. Satu korban merupakan salah satu kontributor dari stasiun televisi lokal dan satu korban lagi adalah Ngatiman warga Solo yang terkena serpihan kaca. Sementara itu pihak Polri berjanji akan menanggung semua biaya rumah sakit korban bentrok tersebut.

Comment di sini