CiriCara: 10 Cara Memiliki Anak Kembar

by
May 8th, 2012 at 10:44 am

Memiliki anak kembar bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi beberapa orang. Apakah kamu juga termasuk orang yang menginginkan anak kembar? Simak cara-cara berikut ini:

1. Sejarah Keluarga

Jika dalam keluarga kamu terdapat saudara kembar, bisa jadi ibu, paman, atau sepupu yang melahirkan anak kembar, ini berarti kamu memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk memiliki anak kembar apalagi jika sejarah keluarga dengan kelahiran kembar berasal dari garis ibu.

2. Penambahan berat badan

Sebuah riset dari American College of Obstetrics and Gynecology menemukan bahwa terdapat hubungan yang cukup erat antara kemungkinan kelahiran kembar dengan kasus obesitas. Riset tersebut juga mengemukakan bahwa ibu dengan indeks masa tubuh lebih dari 30 memiliki peluang lebih besar untuk memiliki anak kembar.

3. Berusia lebih tua

Jika kamu adalah seorang perempuan dengan umur yang cukup tua yaitu sekitar 45 tahun, kamu memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk melahirkan anak kembar meskipun hamil dan melahirkan di usia tersebut cukup beresiko.

4. Pernah melahirkan anak kembar

Jika pada masa kehamilan yang pertama kamu sudah memiliki anak kembar, pada kehamilan kedua kemungkinan untuk melahirkan anak kembar juga makin besar.

5. Diet dengan ubi dan susu

Etnis Yoruba di Afrika barat memiliki kemungkinan tertinggi dalam melahirkan anak kembar di seluruh dunia. Walaupun belum memiliki bukti medis namun, pada ubi dan kentang diketahui mengandung zat kimia yang dapat memicu terjadinya hiperovulasi. Riset tahun 2006 menunjukkan bahwa perempuan yang rajin minum susu memiliki kemungkinan melahirkan anak kembar lebih tinggi daripada mereka yang jarang mengkonsumsi susu.

6. Konsultasi dengan dokter ahli fertilitas

Teknologi reproduksi telah berkembang cukup pesat. Beberapa obat dapat merangsang terjadinya hiperovulasi sehingga kemungkinan untuk mendapat bayi kembar menjadi lebih tinggi. Kamu juga dapat menggunakan system bayi tabung untuk mendapat anak kembar meskipun belum pasti namun kamu punya kemungkinan berhasil.

7. Coba terus

Jika kamu benar-benar menginginkan anak kembar, kamu bisa mencoba terus. Jangan khawatir dengan banyak anak, kata orang banyak anak banyak rejeki meskipun belum diketahui berapa kali kehamilan yang dibutuhkan untuk memiliki anak kembar.

8. Hamil pada saat menyusui

Proses laktasi tetap membuat ibu berovulasi meskipun banyak yang beranggapan bahwa dalam masa menyusui tidak mungkin hamil. Beberapa peneliti juga mendukung bahwa kemungkinan kehamilan kembar dapat terjadi pada masa ini.

9. Hamil saat menggunakan pil kontrasepsi

Konsumsi yang tidak konsisten dan teratur membuat hormone dalam tubuh berubah-ubah yang dapat memicu terjadinya hiperovulasi sehingga kemungkinan untuk memiliki anak kembar pun menjadi lebih tinggi.

10. Keberuntungan

Teori-teori klasik di atas bisa jadi tidak cocok dengan kamu, monozigot twin atau kembar identik adalah sesuatu yang misterius karena tidak ada yang tahu kapan sel telur akan memecah diri menjadi janin kembar. Sebaiknya kamu berdoa saja.

Dibalik lucu dan menyenangkannya punya anak kembar, namun ada juga kesulitan-kesulitannya seperti pengasuhan yang sulit karena memiliki dua anak yang umurnya sama, dukungan finansial dan juga perhatian. Bagaimana? Mau mencoba?