CiriCara: Cara Mempersiapkan Pesta Pernikahan Dengan Dana Minim

by
May 8th, 2012 at 9:49 am

Biaya merupakan faktor terpenting dalam suatu perencanaan pernikahan. Dan salah satu kendala bagi pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan yaitu pada biaya yang tidak mencukupi. Namun jangan takut, karena bagi yang mempunyai dana yang minim berikut ada beberapa cara untuk mempersiapkan pesta pernikahan dengan dana yang minim.

1. Rencanakan dengan cermat budget Anda dengan pasangan yang harus dikeluarkan untuk keperluan pernikahan. Aturlah budget anda, walaupun dengan dana yang minim tetapi Anda dan pasangan bisa tampil dan merasakan pernikahan yang kalian impikan.

2. Ingatlah bahwa pesta pernikahan bukan hal yang utama dari tujuan Anda dan pasangan. Berpikirlah bahwa setelah melangsungkan pesta pernikahan masih ada kehidupan yang harus dijalani esok nya. Dan yang terpenting adalah kehidupan setelah pesta pernikahan itu.

3. Cobalah mengambil sistem paket yang ada pada gedung atau tempat pernikahan. Dalam sistem paket pernikahan biasanya sudah mencakup catering, dekorasi, musik, dan sebagainya. Tidak ada salah nya apabila Anda mengambil sistem paket ini untuk mengurangi biaya pengeluaran pernikahan Anda. Tetapi semuanya tergantung pada dana setiap pasangan.

4. Pilihlah baju pengantin dengan bahan bahan baju yang tidak terlalu mahal. Ada beberapa pilihan, bisa dengan menggunakan brokat yang halus atau brokat Jepang dengan harga yang relatif murah. Tentunya Anda harus memilih penjahit yang ahli dalam memasang payet agar model baju pengantin dan baju seragam untuk keluarga terlihat bagus dan sempurna. Sebaiknya membeli bahan untuk baju pengantin dan seragam untuk keluarga dilakukan bulan Maret hingga Juni, karena menurut survey biasanya toko-toko kain menurunkan harga pada bulan-bulan tersebut.

5. Untuk souvenir dan undangan pernikahan bisa Anda cari di pasar-pasar tradisional yang harganya biasanya lebih murah. Apabila Anda cukup kreatif atau mempunyai kenalan yang bisa membuat souvenir pernikahan sesuai dengan selera Anda, kenapa tidak Anda membuatnya sendiri. Sedangkan untuk undangan pernikahan, bisa tanya kepada keluarga, teman, atau kenalan dimana bisa membuat undangan pernikahan yang bagus dan murah. Harga untuk undangan pernikahan cukup bervariasi tergantung pada bahan, model, kertas yang Anda pilih.

Itulah beberapa cara untuk mempersiapkan pesta pernikahan dengan dana minim. Perbanyaklah mencari tahu harga-harga untuk keperluan pesta pernikahan Anda. Dan tidak perlu merasa minder apabila pesta pernikahan Anda tidak dirayakan secara besar-besaran karena hal yang utama adalah tujuan dari pernikahan itu. :)

Comment di sini