Inilah Para Calon Pesaing Samsung Galaxy S III

by
May 8th, 2012 at 10:59 am

Samsung sudah memperkenalkan smartphone terbarunya, Samsung Galaxy S III. Sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah, dengan segudang fitur baru yang mereka usung, mampukah Samsung mengungguli para pesaingnya? Nampaknya, jawabannya adalah belum pasti. Hal ini dikarenakan para pesaing Samsung masih cenderung diam dan merahasiakan produk terbaru mereka. Berikut adalah daftar produk-produk terbaru dari pesaing Samsung, yang jika sudah diluncurkan, tidak salah lagi, akan menjadi saingan berat bagi produsen ponsel asal Korea ini:

1. HTC One X

Anggota keluarga terbaru dari HTC One ini dibekali dengan prosesor mobile terbaru dan terkuat dari Nvidia, yakni Nvidia Tegra 3. Prosesor ini merupakan prosesor quad core, yang memiliki tingkat kecepatan hingga 1.5 GHz. Belum cukup, HTC juga membekali smartphone terbarunya ini dengan RAM sebesar 1GB. Layar seukuran 4.7 incinya juga dilengkapi dengan lapisan Gorilla Glass 2 yang memberikan daya tahan lebih terhadap benturan dan goresan benda tajam.
Dengan kamera 8MP plus LED Flash di sisi belakang dan 1,3MP untuk kamera di depan, kamu pasti bisa mengambil foto ataupun video sesuka hatimu. Total 32GB tersedia untuk bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan foto, video maupun lagu kesukaanmu. Masih kurang? HTC memberikan bonus selama dua tahun gratis bagi pengguna HTC One X untuk menyimpan data-data di Dropbox dengan kapasitas mencapai 25GB!
Namun sayangnya, ada satu kekurangan yang patut disayangkan. Tidak adanya slot MicroSD akan dianggap menjadi satu kekurangan yang cukup fatal bagi pengguna HTC yang memiliki koneksi Internet kurang mumpuni.

2. Apple iPhone 5

Belum ada kabar yang betul-betul resmi dari Apple mengenai iPhone seri terbaru ini. Namun, mengingat Apple memiliki kebiasaan meluncurkan produk terbarunya dalam lingkaran satu tahun, maka patut rasanya jika kita menunggu kemunculan iPhone seri kelima ini, di sekitar bulan Oktober 2012.
Setelah tidak banyak perubahan pada segi desain Apple iPhone 4S, kini muncul rumor bahwa Apple akan membuat iPhone 5 ini dengan desain bentuk menyerupai Apple Magic Mouse. Tidak hanya itu, akan ada juga beberapa peningkatan signifikan pada produk ini. Prosesor yang sama dengan New iPad, A5X, akan kembali ditanamkan pada iPhone 5 ini, bersamaan dengan jumlah RAM yang ditingkatkan menjadi 1GB.
Yang patut disayangkan adalah hingga saat ini, belum ada penjelasan resmi dari Apple mengenai detail spesifikasi dari smartphone terbaru ini.

3. Asus Padfone

Akan diluncurkan pada bulan Mei ini, Asus memperkenalkan seri smartphone terbarunya, Asus Padfone. Yang menarik adalah, Asus akan menjualnya dalam bentuk paket, dimana di dalam paket itu akan terdiri dari smartphone, tablet, dan netbook sekaligus!
Sistem operasi Android terbaru, Ice Cream Sandwich, dan prosesor dual core Qualcomm Snapdragon S4 akan menjadi senjata utama bagi smartphone teranyar dari Asus ini. Sedangkan untuk tablet 10,1 incinya akan memiliki dukungan SIM Card, serta adanya keyboard tambahan seperti Asus Transformer, yang jika ditancapkan dengan tablet tersebut, akan membuat tablet itu berubah fungsi menjadi sebuah netbook.

4. BlackBerry London

Di saat orang-orang memperhitungkan bahwa RIM akan segera bangkrut seiring dengan menurunnya penjualan BlackBerry secara drastis, developer asal Kanada tersebut muncul dengan gosip terbaru. RIM memperkenalkan OS terbaru yang akan segera mereka luncurkan, yang diberi nama BlackBerry 10. Di saat yang bersamaan, mereka juga memperkenalkan salah satu varian terbaru dari smartphone tersebut, yang kemungkinan besar akan dirilis bersamaan dengan OS BlackBerry 10. Diberi kode proyek ‘BlackBerry 10 Dev Alpha‘, kemungkinan besar smartphone yang nantinya akan dirilis itu diberi nama BlackBerry London.
Belum banyak informasi mengenai BlackBerry London ini, namun yang bisa dipastikan adalah kemungkinan besar RIM akan menggunakan fitur layar sentuh (touchscreen) pada smartphone satu ini, tanpa adanya keyboard fisik sama sekali. Hal ini wajar mengingat para pesaing RIM sudah lebih dulu meluncurkan banyak produknya dengan fitur serupa.

5. Nokia Lumia 900

Siapa bilang Nokia sudah habis? Di saat orang-orang menilai bahwa Nokia sudah tamat, mereka melakukan gebrakan dengan meluncurkan seri terbaru mereka, Lumia. Lumia adalah deretan ponsel Nokia yang menggunakan sistem operasi Windows Phone. Dan kini Nokia mempersiapkan seri terbarunya, Nokia Lumia 900.
Dibekali dengan prosesor berkecepatan 1.4GHz, dan RAM 512 MB, ponsel ini bisa menjalankan sistem operasi Windows Phone terbaru. Dengan layar AMOLED sebesar 4,3 inci dan kamera belakang beresolusi 8MP, kamu bisa mengambil foto dan video dengan hasil yang luar biasa. Lebih spesifik lagi lensa Carl Zeiss 28 f/2.2 sudah ditanamkan pada kamera belakang, dan untuk kamera depan, menggunakan lensa f/2.4 wide angle.

6. Sony Xperia S

Tidak mau ketinggalan, Sony juga memperkenalkan seri Xperia terbarunya, Sony Xperia S. Adapun yang diunggulkan oleh Sony dari Xperia S ini adalah isi spesifikasi yang mereka gunakan. Prosesor dual core Qualcomm MSM8260 1.5GHz dijadikan andalan mereka, ditemani dengan RAM sebesar 1 GB dan kamera belakang 12MP dengan LED Flash. Namun diantara sederetan komponen tersebut, ada satu fitur yang paling diunggulkan dari smartphone yang satu ini. Kehadiran Mobile Bravia Engine, versi mobile Sony Bravia, menjamin tampilan pada layar HD 4,3 inci (1280×720 pixel) ini akan menjadi sangat baik.
Hal yang patut disayangkan adalah pada saat pembeliannya, kamu hanya akan mendapatkan sistem operasi Android 2.3 (Gingerbread), walaupun Sony sudah menjanjikan akan adanya update untuk OS Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) secepatnya.

Demikianlah daftar ponsel yang menurut kami berpotensi menjadi pesaing Samsung Galaxy S III tahun ini. Jika ada ponsel lain yang menurut kamu bisa menjadi pesaing juga, silakan tuliskan pendapatmu di kolom komentar ini.

Comment di sini