Wah! Ternyata Teh Hijau Juga Punya Efek Negatif

by
May 8th, 2012 at 11:09 am

Teh hijau telah dikenal masyarakat sebagai minuman yang mengandung beragam zat yang baik bagi tubuh. Tentunya banyak yang sudah mengenal manfaat dari teh hijau namun tidak banyak yang tahu efek negatif dari teh hijau ini. Simak penjelasan berikut ini:

1. Jaga kesegarannya

Jika kamu menyeduh teh hijau yang segar, pastikan kamu menikmati teh ini dalam keadaan panas namun pastikan kamu tidak menyimpan minuman ini selama lebih dari satu jam. Teh hijau dapat dinikmati panas maupun dingin. Meminum teh hijau yang sangat panas dapat menyebabkan kanker tenggorokan. Namun membiarkan seduhan teh hijau dalam waktu yang lama, malah membuat kandungan kaya vitamin dan antioksidannya hilang bahkan menjadi tempat bagi bakteri. Jadi, pastikan kamu segera meminum seduhan teh kamu untuk menghindari efek sampingnya.

2. Perhatikan waktu

Saat meminum teh hijau yang terbaik adalah satu jam sebelum makan. Jika kamu sedang berdiet, mengkonsumsi teh hijau satu jam sebelum makan dapat mengontrol nafsu makan karena kandungan kafeinnya. Meminum teh hijau pada sore hari dengan biscuit rendah lemak juga dapat menggantikan cemilan berat di sore hari. Jangan meminum teh hijau di pagi hari pada saat perut masih kosong.

3. Jangan dicampur obat-obatan

Meminum teh hijau disusul dengan obat-obatan dapat membuat efek negatif pada kandungan teh dan juga obatnya sehingga bisa jadi tidak ada satupun yang bermanfaat.

4. Efek buruk

Teh hijau yang terlalu pekat memiliki kandungan polifenol dan kafein yang cukup tinggi sehingga meminum teh pekat berlebihan akan menimbulkan efek samping seperti jantung berdebar, tekanan darah tinggi dan juga susah tidur.

5. Perhatikan porsi

Maksimal konsumsi teh hijau dalam sehari adalah tiga cangkir karena kebanyakan mengkonsumsi teh hijau juga tidak baik bagi tubuh karena kandungan kafeinnnya.

Itu dia efek negatif dari teh hijau. Pastikan kamu mengkonsumsi teh ini secara teratur sehingga yang kamu dapatkan adalah efek yang baik bagi tubuh. Udah tahu kan cara mengkonsumsi teh hijau yang benar?

Comment di sini