Apa Sebab Ledakan Di Rumah Hatta Rajasa?

by
May 9th, 2012 at 1:48 pm

Beberapa waktu yang lalu warga dekat kediaman Hatta Rajasa dikejutkan oleh suara ledakan yang cukup keras dari rumah Menteri Koordinator Perekonomian ini. Bareskrim Mabes Polri telah mengirim tim forensik untuk mengetahui asal usul ledakan. Ternyata ledakan di kediaman hatta Rajasa bukanlah bom karena tidak ditemukan adanya bahan peledak.

Hasil laboratorium menemukan bahwa ledakan ini dipicu oleh zat yang bernama kaporit. Suara keras yang mirip dengan bom ini terjadi karena kesalahan dalam pencampuran kaporit ke dalam air. Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan AKBP Hermawan seperti dilansir Detik mengatakan, “Jadi hasil labfor pagi tadi sudah diolah. Hasilnya menyimpulkan bahwa bahan itu memang benar kaporit, bukan sebagai bahan peledak. Cuma prosedur pengolahannya yang salah”.

Hermawan juga mengemukakan bahwa seharusnya kaporit dicampur ke dalam air sedikit demi sedikit ke dalam air namun yang dilakukan oleh pekerja kolam malah sebaliknya.

Pekerja ini meletakkan kaporit 2 kilogram kemudian disiram dengan air sehingga yang terjadi malah letupan keras yang terdengar seperti ledakan bom.

Hermawan menambahkan, “itu yang dilakukannya terbalik. Kaporit 2 Kg langsung di taruh ke ember 5 liter terus disiram air. Jadi letupan terjadi di proses kimianya”.

Menurutnya kasus pencampuran kaporit dengan air seperti ini sudah sering terjadi di banyak tempat tidak hanya di Jakarta Selatan. Hermawan menambahkan bahwa kasus ini juga pernah terjadi di Bekasi tidak Cuma kali ini saja. Pekerja kolam pun beruntung karena polisi tidak akan menjeratnya dengan tindak pidana karena tidak ada unsur kesengajaan. “Nggak ada pidananya. Karena dia juga korban terus nggak sengaja. Kecuali ditemukan bahan peledak baru diproses”, jelas Hermawan.

Comment di sini