Apakah Anda Pecandu Facebook? Temukan di Sini

by
May 9th, 2012 at 4:03 pm

Fenomena Facebook sudah menjadi rahasia umum penduduk di seluruh dunia. Jejaring sosial ini mampu merasuk ke dalam pikiran seseorang hingga sangat dalam. Facebook bisa menjadi tempat pelarian dari masalah hidup, tapi buruknya Facebook juga dapat menyebabkan dampak yang lebih berbahaya.

Para peneliti mengadakan penelitian terhadap 423 siswa, dan menemukan bahwa wanita memiliki kecenderungan yang besar untuk kecanduan terhadap jejaring sosial ini.

Tim peneliti Norwegia menemukan tipe ambisi yang membuat banyak orang kecanduan, yaitu mereka mempunyai tujuan sendiri dalam pekerjaan dan membuka jaringan kepada orang banyak.

Pengamat Kecanduan Facebook Bergen (The Bergen Facebook Addiction Scale) membuat 6 pertanyaan yang dapat digunakan para pengguna Facebook untuk mengukur dirinya sendiri apakah dia seorang pecandu Facebook atau bukan.

Berikut 6 contoh pertanyaan yang di buat oleh The Bergen Facebook Addiction Scale:

  1. Anda memikirkan tentang Facebook dalam waktu yang cukup lama?
  2. Anda semakin merasa harus membuka akun Facebook saat itu juga?
  3. Apakah Anda menggunakan Facebook dengan tujuan untuk melupakan masalah pribadi Anda?
  4. Sudah mencoba untuk mengurangi membuka Facebook, tapi selalu gagal?
  5. Anda merasa terganggu dan tidak senang jika Anda dilarang menggunakan Facebook?
  6. Anda menggunakan Facebook berlebihan sehingga itu berdampak buruk bagi pekerjaan atau belajar Anda?

Jika nilai Anda dalam menjawab pertanyaan ini 4 atau bahkan 5, berarti YA, Anda adalah seorang yang kecanduan Facebook.

Dr. Cecilie Schou Andreassen, kepala peneliti di Universitas Bergen jurusan Psikologi mengatakan bahwa kecanduan ini lebih cenderung terjadi di kalangan anak-anak muda.

“Kami juga menemukan bahwa orang yang kerap kali merasa gelisah dan memiliki ketidaknyamanan dalam bersosialisasi, menggunakan Facebook lebih sering dibandingkan mereka yang tidak,” tambahnya. Hal ini bisa dikarenakan mereka yang merasa gelisah lebih mudah berkomunikasi melalu media daripada bertatap muka langsung.

Jadi, apakah Anda salah satu dari mereka pecandu Facebook?

Comment di sini