Mengenal Khasiat dan Cara Memasak Beras Merah

by
May 9th, 2012 at 8:34 am

Pada umumnya beras yang sering kita jumpai dan dikonsumsi oleh banyak orang yaitu beras berwarna putih. Tetapi selain itu ada juga beras yang berwarna merah atau lebih dikenal dengan sebutan beras merah. Untuk rasa beras merah ini  hampir mirip seperti beras putih hanya warna yang membedakannya.

Biasanya beras merah ini banyak dikonsumsi untuk makanan balita untuk dibuat bubur atau nasi tim. Oleh karena kandungan gizi dari beras merah tersebut lebih tinggi dari beras putih yang biasa dikonsumsi oleh orang pada umumnya harga beras merah jauh lebih mahal dari beras putih.

Kandungan gizi yang terdapat pada beras merah itu antara lain karbohidrat , protein, vitamin (seperti magnesium yang sangat tinggi, mangaan , vitamin B1, dan vitamin B3 ). Makanya beras merah ini sangat bagus dikonsumsi untuk balita. Bukan hanya kandungan gizi tinggi yang terdapat pada beras merah, beras merah juga memiliki beberapa khasiat:

1. Bisa mencegah macam-macam penyakit seperti : wasir , sembelit, strok, asam urat, jantung koroner, obesitas, kanker usus, dan lain-lain.

2. Bagi Anda yg sedang mengikuti program diet, beras merah dapat membantu karena mengandung serat yang tinggi, bagus untuk pencernaan .

3. Dapat mencegah kadar gula darah tinggi, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi.

Adapun cara memasak untuk beras berah agak sedikit berbeda. Beras merah ini memiliki kandungan serat yang tinggi dibandingkan beras putih maka waktu untuk memasaknya pun lebih lama dan takaran airnya pun lebih banyak dari pada biasanya agar beras merah tersebut bisa lebih matang atau tanak .

Dan ada baiknya apabila Anda ingin memasak beras merah hendaknya jangan menggunakan rice cooker atau alat masak listrik karena akan menyebabkan beras merah tersebut kurang matang atau masih keras. Sebaiknya Anda menggunakan cara tradisional dengan menggunakan alat untuk merebus dan dikukus menggunakan dandang hingga matang.

Nah ini ada cara-cara memasak beras merah agar beras merah tersebut matang dengan hasil yang enak dan pas juga empuknya:

1. Anda cuci dulu beras merah hingga bersih, ada baiknya beras merah tersebut kita rendam kurang lebih setengah jam agar beras merah tersebut cepat matang dan lunak, namun tidak direndampun tidak apa apa.

2. Lalu beras merah tersebut kita rebus atau ditanak dengan ukuran air yang lebih banyak dari ukuran pada umumnya ketika memasak beras putih.

3. Nah setelah beras merah tersebut kita rebus atau tanak dan airnya pun sudah surut itu menandakan sudah setengah matang, lalu kita masukan kedalam dandang lalu di kukus untuk proses pematangan beras merah tersebut, apabila ingin cepat matang gunakan air yang sudah mendidih untuk proses pengukusannya.

Beras merah ini  dapat anda kreasikan menjadi berbagai macam hidangan yang sangat spesial disajikan untuk keluarga. Untuk Anda yang mencintai hidup sehat, beras merah merupakan hidangan yang bagus bagi Anda sekeluarga.

Comment di sini