CiriCara: Ciri-Ciri Orang Terkena Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi)

by

Darah tinggi atau hipertensi dikenal sebagai “Silent killer” dalam dunia medis karena penyakit yang satu ini biasanya menyerang penderita secara tiba-tiba tanpa gejala apapun yang biasanya terjadi pada penderita hipertensi primer. Pada penderita hipertensi sekunder gejala hipertensi dapat di deteksi melalui reaksi tubuh terhadap serangan penyakit ini.

Pada umumnya seseorang akan dinyatakan bebas dari hipertensi jika tekanan darahnya normal. Hal ini bisa di lihat dari tekanan darah sistolik (jantung mengkerut) dan diastolik (jantung mengembang) berkisar 120/80mmHg. Seseorang akan dinyatakan menderita hipertensi jika tekanan darah sistolik/diastoliknya lebih dari 140/90 mmHg. Berikut ini adalah gejala-gejala hipertensi seperti mudah marah, muka merah, gelisah, tengku terasa pegal, kepala terasa sakit, sesak napas, kelelahan padahal tidak melakukan kerja berat, mimisan (keluar darah dari hidung) yang biasanya terjadi pada penderita yang sudah akut.

Sedangkan bahaya yang dihadapi oleh penderita hipertensi juga cukup fatal sehingga akan mengakibatkan gangguan pada kegiatan sehari-hari hingga kematian. Penderita hipertensi beresiko lebih mudah mengalami kerusakan ginjal, stroke atau pecahnya pembuluh darah di otak yang juga disusul dengan kelumpuhan, dan juga pendarahan selaput bening (retina).
Mengetahui penyebab penyakit hipertensi akan menghindarkan kamu dari resiko penyakit ini, berikut adalah penyebabnya. Orang yang banyak mengkonsumsi alkohol, kokain, dan merokok, keracunan timbal akut, memiliki penyakit ginjal, preeklamasi kehamilan dan juga kelainan hormon. Kamu bisa menghindari pemicu munculnya penyakit ini dengan mulai membiasakan hidup sehat.

Sebelum hipertensi menjadi cukup parah, ada baiknya kamu mulai melakukan pengobatan tanpa obat kimia seperti olah raga bisa jalan cepat atau bersepeda selama 30-45 menit 3 atau 4 kali seminggu, melakukan diet rendah garam, lemak jenuh dan kolesterol (hubungi dokter), tidak mengkonsumsi alkohol, rileks dan stop merokok. Pencegahan penyakit ini juga sama yaitu dengan ber-olah raga secara teratur, pola makan sehat, tidak mengkonsumsi alkohol, dan berhenti merokok.

Hipertensi tidak hanya menyerang orang tua saja namun sekarang ini telah menjangkiti kaum muda. Mencegah selalu lebih mudah dari pada mengobati. Jangan sampai kamu menyesal karena tidak menjaga kesehatan pada saat muda sehingga penyakit menumpuk di masa tua.


comments powered by Disqus

Leave a Reply