Dosen UI: Cara Berpikir Marzuki Ali Salah Banget!

by
May 9th, 2012 at 10:22 am

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Arindra A. Zainal menilai cara berpikir Ketua Umum Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Marzuki Alie salah. Arinda tidak setuju dengan penyataan Marzuki Alie yang menyebut para koruptor adalah lulusan dari universitas terkenal seperti UI.

“Kok cara berpikirnya salah banget, ya,” kata Arinda seperti dikutip dari Tempo, Rabu (8/5/2012).

Menurut Arinda, tidak seharusnya Marzuki Alie mengeluarkan penyataan seperti itu. Meskipun tujuannya untuk menyatakan bahwa para koruptor berasal dari orang-orang pintar. Tapi, secara tidak langsung pernyataan itu bisa membuat nama perguruan tinggi ternama di Indonesia yang disebutkannya tercemar.

Menurut Arinda yang juga merupakan Ketua Program Studi Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik (MPKP) UI, penyimpangan korupsi itu tergantung pada orangnya bukan soal latar belakang pendidikannya. “Jangan menggeneralisasi,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua DPR Marzuki Alie menyebut para koruptor sebenarnya adalah orang-orang pintar yang merupakan produk dari perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia. Tak segan-segan, dia juga menyebutkan nama universitas tersebut dengan jelas. Salah satunya adalah Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Koruptor adalah orang-orang pintar. Mereka juga bisa dari anggota ICMI, anggota HMI, lulusan UI, UGM, dan lainnya. Tidak ada orang bodoh,” kata dia dalam acara “Masa Depan Pendidikan Tinggi di Indonesia” di Universitas Indonesia (UI), Depok.

Namun setelah mendapatkan banyak protes, Marzuki langsung membantah kalau dirinya berniat untuk menjelek-jelekan UI atau UGM. Ia mengaku hanya ingin mengingatkan kalau di perguruan tinggi masih ada yang salah dengan sistem pendidikannya.

“Karena itu saya katakan ada yang salah dengan pendidikan tinggi. Pendidikan tinggi harusnya menghasilkan akhlak mulia, sehingga lulusan perguruan tinggi kalau jadi pimpinan bisa menjadi contoh,” ujarnya.

Comment di sini