Dua Siswa SD Memilih Menikah Ketimbang Mengikuti UN

by
May 9th, 2012 at 10:30 am

Kalau kamu dihadapkan pada dua pilihan, menikah atau mengikuti Ujian Nasional, mana yang akan kamu pilih? Di Sumenep, dua orang siswa Sekolah Dasar lebih memilih menikah ketimbang menghadapi soal-soal UN.

Hari pertama pelaksanaan UN bagi siswa-siswi Sekolah Dasar sederajat berlangsung dengan lancar di Sumenep, namun ada sebanyak 83 siswa yang tidak hadir di ruang ujian.

Fajarisman selaku Kepala Seksi Kurikulum TK/SD Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep mengatakan ada 66 siswa yang dikeluarkan karena sering tidak masuk tanpa alasan yang jelas, lalu sebanyak 15 siswa beralih menjadi santri di pondok pesantren, sedangkan 2 siswa lainnya tidak ikut ujian karena menikah.

Namun, ia juga mengungkapkan bahwa data ini masih bersifat sementara. Data dari kepulauan belum masuk, jadi data ini berlaku untuk sekolah di wilayah daratan saja.

Terkait dengan banyaknya siswa yang gagal ikut ujian di hari pertama karena tidak masuk, sebenarnya ada kebijakan yang membolehkan mereka untuk mengikuti ujian susulan. Namun, syaratnya mereka harus memberikan keterangan jelas kenapa mereka tidak masuk.

Sementara itu di Jakarta ada sebanyak 369 siswa yang tidak masuk di hari pertama UN. Namun, pelaksanaan UN cenderung lancar tanpa hambatan berarti. Pelaksanaan UN tingkat SD dan sederajat di sejumlah daerah juga dikabarkan lancar.

Comment di sini