Inilah Fakta Unik Seputar Otak Wanita

by
May 9th, 2012 at 2:35 pm

Para pria biasanya mengagumi sosok wanita dari paras cantiknya saja. Jika Anda sudah mulai bosan dengan teori yang membahas masalah wanita cakep atau cantik, mungkin pembahasan otak wanita akan menarik. Mau tahu fakta unik tentang otak wanita?

Setiap orang mempunyai otak yang berbeda-beda, begitu juga antara wanita dan pria. Otak wanita pasalnya mempunyai perbedaan yang signifikan. Hal ini pula yang membentuk karakteristik setiap gender yang memiliki keunikan masing-masing.

Lalu apa saja keunikan otak wanita yang belum banyak diketahui? Berikut jawabannya.!

1. Kinerja otak berubah sesuai siklus menstruasi

Wanita memiliki siklus menstruasi yang terus bergulir setiap bulannya. Apa uniknya? Coba kamu perhatikan dan lihat 10 hari setelah hari pertama haid, para wanita terlihat lebih enerjik, lebih senang berdandan, bahkan terkadang berbusana lebih seksi.

Hal ini disebabkan, 10 hari setelah haid para wanita bersiap diri menyambut masa subur. Seminggu kemudian, sifatnya berubah lagi. Para wanita terlihat lebih santai, lebih senang meringkuk di tempat tidur sambil membaca buku dan menyeruput teh hangat. Saat itulah hormon progesterone perlahan-lahan berkurang dan membuat wanita ingin merasa tenang tanpa gangguan. Ssttt..! Jangan bikin wanita marah di momen ini.

2. Intuisi lebih kuat

Ikatan batin seorang wanita terhadap keluarga atau anaknya memang sangat kuat. Hal ini dikarenakan otak wanita lebih mudah dalam membaca “sinyal” melalui bahasa tubuh atau petunjuk nonverbal. Jadi, kamu jangan pernah berbohong sama wanita karena wanita bisa membaca pikiran lewat bahasa tubuh lho. Hayooo.. masih berani bohong gak nih? :D

3. Lebih sensitif terhadap rasa sakit dan takut

Berdasarkan sebuah penelitian, otak wanita lebih sensitif terhadap rasa sakit dan takut dibanding otak pria. Itulah sebabnya wanita sangat mudah sekali menangis dan stres atau bingung saat ada rasa bingung, takut dan sakit. Ini disebabkan saat dihinggapi kekhawatiran wanita cenderung memikirkannya secara berlebih.

4. Lebih mudah “turn off”

Untuk urusan ranjang, otak wanita lebih mudah “turn off” alias cepat kehilangan gairah dalam bercinta. Wanita dapat menolak keinginan pasangannya untuk melakukan hubungan seks karena hal-hal sepele. Otak wanita memiliki sistem berbeda dalam urusan seksual. Sehingga untuk merangsang wanita diperlukan usaha yang lebih keras dan lebih lama ketimbang merangsang pria.

5. Kinerja otak berubah saat hamil

Di minggu kedelapan saat masa kehamilan, hormon progesterone melonjak hingga 30 kali lipat. Kondisi ini menyebabkan para ibu hamil lebih tenang dan penyabar. Berdasarkan penelitian dari Amrican Journal of Neuroradiology, otak wanita menciut sebanyak 4% selama masa kehamilan. Jangan kuatir, ukuran otak akan kembali ke semua, enam bulan setelah melahirkan.

Itulah fakta-fakta unik yang berkaitan dengan otak wanita. Sekarang sudah tahu kan kenapa wanita yang sedang menstruasi tidak boleh diganggu? :D he he he

Comment di sini