Ormas Islam Serang Diskusi Buku Irshad Manji di Yogyakarta

by
May 9th, 2012 at 9:19 pm

Setelah ditolak oleh rektor UGM, ternyata diskusi buku buah karya Irshad Manji berjudul “Allah, Liberty and Love” di kota Yogyakarta tidak lantas batal dilaksanakan. Diskusi digelar Rabu malam (9/5) sekitar pukul 19.00 WIB, namun akhirnya harus berhenti lantaran tempat pergelaran diskusi diserang oleh ormas Islam yang diduga merupakan Majelis Mujahidin Indonesia (MMI).

Sekitar 50 orang yang hadir untuk mengikuti diskusi langsung panik dan menyelamatkan diri setelah puluhan anggota ormas memaksa masuk sebelum akhirnya memukuli satu per satu peserta diskusi.

Bahkan, salah seorang peserta berkewarganegaraan Prancis yang merupakan asisten Irshad Manji juga turut menjadi korban.

Seperti dikutip dari Detik (9/5), sejumlah korban dilarikan ke rumah sakit karena luka-luka.

Diskusi yang membahas buku kontroversial di Yogyakarta digelar di penerbit LKiS yang beralamatkan di Jalan Pura 1, Sorowajan Baru, Plumbon. Sebenarnya ormas tersebut telah menebar ancaman sedari siang, namun panitia tidak menggubrisnya sebab ormas itu memang tidak punya otoritas melakukan pelarangan. Polisi lah yang memiliki otoritas tersebut.

Sekitar pukul 19.00 WIB diskusi dimulai dan tampak berjalan lancar. Namun selang sekitar 40 menit kemudian anggota ormas dengan menggunakan sepeda motor datang dan meneriakkan takbir. Mereka akhirnya membubarkan diskusi dengan kekerasan di tengah suasana yang menegangkan.

Irshad Manji yang juga hadir dalam diskusi berhasil diselamatkan oleh panitia penyelanggara.

Sebelum di Yogyakarta, diskusi buku karangan Irshad Manji juga dibubarkan paksa di Jakarta oleh ormas Islam. Irshad Manji dipandang sebagai lesbian feminis yang ingin membuat Islam lebih terbuka. Hal ini ditentang keras oleh ormas Islam yang tidak setuju dengan pokok pikiran penulis asal Kanada tersebut.

Comment di sini