Penemu Benua Amerika Ternyata Bukan Columbus

by
May 9th, 2012 at 4:50 pm

Penelitian sejarah terbaru berhasil mengungkapkan siapa penemu pertama benua Amerika. Pasalnya anggapan yang menyatakan Columbus adalah penemu benua Amerika pertama itu salah. Lalu siapa penemu benua Amerika yang pertama?

Seperti yang sudah diketahui Columbus melakukan ekspedisi laut yang dimulai pada 1492 dan menemukan benua Amerika. Tapi menurut hasil investigasi yang diberitakan Live Science, Senin (7/5/2012) lalu menunjukkan kemungkinan penjelajah Italia, John Cabot telah lebih dulu menemukan benua Amerika.

Meskipun dikatakan sebagai penemu benua Amerika, Christoper Columbus tidak mencapai daratan utama “Dunia Baru” (benua Amerika) sampai 1498 yaitu ketika dia berlayar menuju Amerika Selatan.

Sementara itu, lebih jauh ke utara, Cabot menjadi orang Eropa pertama yang mendarat di tanah Amerika Utara. Di masa itu, dia melakukan tiga ekspedisi laut untuk Henry VII dari Inggris, di antara musim panas 1496 dan 1498. Ekspedisi kedua pada 1497 membuatnya menemukan Amerika Utara melalui Newfoundland.

Sekarang, sebuah catatan singkat di buku akuntansi telah mengungkapkan dimensi tersembunyi dari penemuan Cabot. Catatan ini menunjukkan pada April, dia memperoleh dukungan keuangan dari sebuah bank Italia bernama Bardi, di London.

“Entri singkat ini membuka sebuah babak baru dalam kecendikiawanan Cabot. Hal tersebut menunjukkan bahwa ekspedisi laut Bristol merupakan bagian dari jaringan lebih luas yang didukung perusahaan penjelajahan Italia,” terang sejarahwan Francesco Guidi-Bruscoli dari University of Florence.

Karena paten Cabot hanya berlaku di tempat-tempat tertentu saja, benua Amerika yang ditemukan lebih dulu oleh Cabot tidak bisa dilegalkan. Jadi meski sudah punya petunjuk, penemuan “tanah baru” Cabot tetap tidak bisa dibuktikan.

“Sayangnya, kita hanya memiliki petunjuk. Sementara entri menunjukkan bahwa Bardi percaya pada penemuan sebelumnya, kita tidak bisa menganggap ini telah terjadi,” kata Guidi-Bruscoli.

Entah siapa yang benar mengenai penemu benua Amerika tersebut. Jika melihat berdasarkan tahun, tentu John Cabot (Giovanni Cabotte) lah yang lebih dulu menemukan benua Amerika. Tapi jika kita melihat dari segi kepopuleran, Christopher Columbus lah yang menemukan benua Amerika.

Jadi mana yang menurut kamu paling benar, apakah John Cabot atau Christopher Columbus? :)

Comment di sini