Vonis Hanya 2 Tahun 6 Bulan, Nunun Nurbaeti Syok

by
May 9th, 2012 at 2:07 pm

Satu lagi terdakwa kasus korupsi dan penyuapan dinilai hanya mendapat vonis ringan. Nunun Nurbaeti yang terbukti bersalah dalam kasus suap cek pelawat “hanya” dijatuhi vonis penjara 2,5 tahun penjara.

Hakim Ketua Sudjatmika mewakili majelis hakim di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Kuningan, Jakarta Pusat (9/5) telah menyatakan secara sah bahwa istri mantan wakapolri yang kini merupakan anggota DPR, Adang Daradjatun, telah terbukti melakukan tindak pidana korupsi.

Selain kurungan 2 tahun 6 bulan, Nunun juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp 150 juta subsider 3 bulan. Ketentuan vonis ini sesuai dengan pasal yang dijatuhkan yaitu Pasal 5 Ayat I Huruf B UU No 31 Tahun 1999 juncto UU No 20 Tahun 2002.

Setelah pembacaan vonis yang terbilang ringan tersebut, Nunun langsung dibawa ke Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat, karena mengalami syok berat.

Pengacara Ina Rachman mengungkapkan Nunun amat syok karena merasa tak pernah memberi perintah kepada Arie Malang Judo untuk memberikan uang kepada anggota DPR.

Nunun yang menjadi buronan Interpol sebelum akhirnya berhasil ditangkap dan dibawa pulang ke Indonesia ini dirawat di RS Abdi Waluyo sekitar jam 13.30 WIB.

Sebelum Nunun, terdakwa kasus korupsi lain yang juga divonis setelah terbukti bersalah di persidangan adalah Muhammad Nazaruddin. Serupa dengan Nunun, vonis Nazaruddin pun dinilai terlalu ringan karena perbuatan korupsi sangat fatal akibatnya bagi kemajuan negara dan bangsa.

M. Nazaruddin divonis 4 tahun 10 bulan, jauh lebih ringan dari tuntutan jaksa yaitu hukuman penjara selama 7 tahun.

Comment di sini