7 Selebritis Dunia Penderita Penyakit Lupus

by

Penyakit Lupus yang dinilai sebagai penyakit mematikan sama halnya dengan kanker, merupakan penyakit yang menyerang sistem imunitas tubuh sehingga semua jaringan tubuh dianggap sebagai benda asing yang harus dikalahkan atau bahkan dimatikan oleh sistem kekebalan tubuh manusia. Lupus itu sendiri berasal dari bahasa Latin yang artinya “anjing hutan”. Penyakit ini menimbulkan bekas kemerah-merahan pada kulit si penderitanya.

Ada 7 selebritis dunia yang menderita penyakit Lupus, di antaranya:

1. Toni Braxton

Seorang artis Amerika yang memiliki warna kulit gelap ini akan lebih kelihatan seperti wanita berkulit putih karena penyakit Lupus yang dideritanya menyebabkan kulitnya berwarna lebih terang. Braxton mengatakan bahwa pengobatan Lupus membuat bobot tubuh seseorang meningkat. Dawn Isherwood dari Yayasan Lupus Amerika (The Lupus Foundation of America) mengatakan memang kortikosteroid yang digunakan sebagai bahan utama dalam pengobatan Lupus dapat memicu naiknya bobot tubuh si penderita.

2. Seal

Seorang penyanyi yang memiliki luka goresan berbentuk cakram di wajahnya ini juga menderita Lupus. Seal menderita Lupus yang hanya menyerang jaringan-jaringan di kulit. Tipe ini akan menyebabkan sakit pada wajah dan kulit kepala sehingga dapat menyebabkan kerontokan rambut.

3. Cori Broadus

Cori Broadus anak dari penyanyi Rap, Snoop Dogg menunjukan gejala penyakit Lupus yaitu: muncul bercak-bercak terang pada kulit gelapnya, rambut rontok, dan penurunan berat badan yang drastis. Cori juga tidak bisa berada di bawah sinar matahari terlalu lama, sedangkan dia ikut softball dan voli di sekolahnya. Isherwood mengatakan bahwa Lupus dapat menyerang lapisan usia berapa saja.

4. Tim Raines

Bernama lengkap Timothy Raines. Dia adalah seorang mantan pemain baseball profesional yang menderita Lupus yang sudah menyerang ginjalnya sehingga ginjalnya tidak bisa menyeimbangkan kadar garam dan air di dalam tubuhnya. Hal ini menyebabkan bengkak pada lutut dan pergelangan kakinya. Dia melakukan pengobatan dengan radiasi dan masih sempat kembali bermain baseball untuk Montreal Expos pada 2001, sebelum benar-benar pensiun pada tahun 2002.

5. Charles Kuralt

Charles Kuralt merupakan seorang jurnalis yang juga menderita Lupus. Beliau meninggal pada usia 62 akibat komplikasi penyakit jantung dan Lupus. Kuralt telah lama menderita penyakit Lupus. Isherwood mengatakan penyakit Lupus pada pria lebih lamban terdeteksi karena pria cenderung enggan untuk melakukan pengecekan dini. Selain itu, dokter pun lamban untuk mendeteksi Lupus pada pria karena mereka berpikir bahwa Lupus lebih banyak menyerang wanita. Memang, 9 dari 10 orang penderita Lupus adalah wanita. Jadi tidak heran bahwa itu identik sebagai “penyakit wanita”.

6. Flannery O’Connor

Seorang penulis novel dan cerita pendek terkenal asal Amerika ini diserang penyakit Lupus di usia 25 tahun, pada tahun 1950. Kemudian, pada tahun 1964, Lupusa yang sudah sempat berhenti menyerangnya tiba-tiba aktif lagi karena operasi pengangkatan tumor yang ia jalani. Akhirnya, dia meninggal beberapa bulan setelah itu. Flannery menderita Lupus akibat gen turunan dari ayahnya yang ternyata juga penderita penyakit Lupus.

7. Anjing Milik Barbara dan George Bush

Anjing peliharaan milik George Bush dan istrinya, Barbara merupakan hewan milik orang ternama, yang terkenal karena mengidap penyakit Lupus. Ternyata Lupus tidak hanya menyerang manusia saja tetapi juga dapat menyerang hewan. Lupus pada hewan juga sama seperti pada manusia. Millie hidup sampai usianya 12 tahun.

Itulah nama-nama orang terkenal yang menderita penyakit Lupus, dan juga hewan peliharaan dari orang ternama. Penyakit ini memang mengerikan dan mematikan. Penyakit ini juga diturunkan secara genetika dari orang tua kepada anaknya. Jadi, pemeriksaan lebih dini selalu cara paling tepat untuk mengobati penyakit.


comments powered by Disqus

Leave a Reply