CiriCara: Ciri dan Cara Mengatasi Lupus

by
May 10th, 2012 at 5:03 pm

Penyakit Lupus mempunyai nama ilmiah lupus eritwmatosus sistemik (LES). Orang yang menderita penyakit ini itu tandanya dia terkena gangguan pada kelebihan antibodi atau kekebalan dalam tubuh. Lalu apa ciri dan cara mengatasi penyakit ini?

Jenis penyakit Lupus ini memiliki tiga macam bentuk, yang pertama yaitu Cutaneus Lupus, seringkali disebut discoid yang mengaruhi kulit. Kedua, Systemic Lupus Erythematosus (SLE) yang menyerang organ tubuh seperti kulit, persendian, paru-paru. Ketiga, Drug Induced Lupus (DIL), timbul karena memakai obat-obatan teretentu.

Berikut ciri-ciri penyakit lupus:

- Penurunan sel darah merah, putih dan sel pengatur pembekuan darah
- Sakit perut, mual, muntah, diare, atau sukar buang air besar
- Ginjal terganggu akibatnya racun menumpuk dalam tubuh
- Lemah, kelelahan berlebihan, demam, dan pegal-pegal
- Pada kulit akan ruam merah berbentuk mirip kupu-kupu di kedua pipi (butterfly rush)
- Kerontokan rambut dan sariawan
- Gangguan saraf; pusing, kejang, stroke dan gangguan jiwa
- Sistem otot; lemah dan sakit otot
- Pada dada; gangguan pernapasan, jantung berdebar atau sesak napas, kaki bengkak saat parah

Cara mengatasi penyakit lupus:

Hingga saat ini penyakit lupus belum bisa disembuhkan dengan obat apapun. Meskipun ada obatnya, itu hanya bersifat sebagai penyeimbang agar kekebalan tubuh kembali normal. Karena penyakit ini adalah penyakit kelainan yang sukup langka dan aneh dan kambuhan sangat sulit untuk dihilangkan atau diobati.

Namun pada penderita, dokter biasanya hanya mengurangi gejala penyakit lupus yang timbul. Contoh kasusnya misalnya jika menyerang tulang atau persendian, maka biasanya terjadi peradangan seperti arthritis maka dokter akan memberikan obat anti inflamasi untuk mengurangi rasa sakit akibat arthritis. Contoh lainnya misalnya jika timbul ciri ciri penyakit lupus berupa ruam di kulit maka dokter akan memberi kortikosteroid

Comment di sini