Minuman Ringan Sari Buah dari McDonald’s Berbahaya Untuk Anak-anak?

by
May 10th, 2012 at 8:53 am

Karena memperhatikan mandat kesehatan untuk makanan anak-anak, baru-baru ini McDonald mengeluarkan minuman baru dengan sari buah dan air bersoda untuk anak-anak. Namun, apakah minuman ini 100% aman untuk dikonsumsi?

Minuman sari buah yang baru dikeluarkan McDonald Amerika Serikat dinamakan Fruitizz, yang di dalamnya terdapat sari buah anggur, apel, dan raspberries yang dicampur dengan air bersoda, sehingga jadilah minuman ringan sari buah. Tidak hanya minuman ini, McDonald juga menambahkan beberapa menu lainnya untuk menu Happy Meal mereka, seperti: wortel berbentuk tongkat (carrot stick), tas buah-buahan, dan susu skim organik. Hal ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kelayakan makanan untuk dikonsumsi anak-anak.

Christina Merryfield, seorang ahli diet dan gizi dari Rumah Sakit Cromwell Bupa, London, berkomentar atas minuman baru ini. Menurut Christina, minuman ini tetap mengandung gula berlebih bagi anak-anak pada gelas yang berukuran 500 mL. Dalam 1 gelas Fruitizz yang berukuran 500 mL terkandung 49 gr gula dan 200 kalori.

Angka asupan gula ideal untuk anak-anak ialah tidak lebih dari 50 gr per hari. Sedangkan tidak mungkin anak-anak hanya minum Fruitizz saja dalam satu hari. Pastinya akan ada asupan gula dari makanan manis lainnya. Hal ini dinilai masih belum aman bagi anak-anak, walaupun pihak McDonald mengatakan mereka tidak menggunakan gula tambahan pada minuman tersebut, hanya 12 sendok gula saja.

Christina juga menambahkan bahwa minuman dengan kandungan gula tambahan dapat menyebabkan kerusakan gigi dan erosi, serta memicu kenaikan berat badan. TetapI air mineral menjadi pilihan yang terbaik, diikuti oleh susu karena memiliki banyak kandungan kalsium, vitamin, dan mineralnya.

Tam Fry dari Persatuan Obesitas Nasional (National Obessity Forum) mengatakan jika minuman untuk kesehatan mengandung gula sebanyak ini, ini sangat membahayakan.

Namun, Kepala Eksekutif dan Presiden McDonald mengatakan bahwa pihak McDonald sangat senang dapat mengenalkan kepada orang tua tentang minuman Fruitizz ini. Mereka telah bekerja keras selama 3 tahun bereksperimen dengan 80 formula, untuk menciptakan produk yang tepat serta bernutrisi.

Juru bicara dari Advokasi Makanan Anak-anak (Children Food Campaign) berkata “Ini sangat menarik melihat perusahaan seperti McDonald membuat pilihan mudah bagi orang tua untuk memilih yang lebih sehat bagi anak-anaknya.” Kabar baiknya bagi kesehatan anak-anak ialah minuman dengan bahan dasar buah-buahan seeprti ini siap menggantikan minuman bergula seperti Coca-Cola dari daftar menu anak-anak. Minuman Fruitizz ini akan mulai tersedia tanggal 16 Mei mendatang.

Ada pula tambahan informasi mengenai terungkapnya minuman milkshake strawberry yang dijual oleh salah satu perusahaan makanan menggunakan 16 kubus gula. Ini sangat mengejutkan dunia kesehatan.

Dulu, McDonald pernah berada dalam peringatan atas tawaran menu breakfast-nya yang mengandung 595 kalori- 1/3 dari standar asupan kalori manusia per harinya. Menu Big Mac-nya saja mengandung 490 kalori.1 bungkus produk McDonald tersebut mengandung setengah kebutuhan lemak yang diperbolehkan bagi tubuh manusia.

Kehadiran minuman Fruitizz juga masih banyak menuai pro dan kontra dari berbagai pihak. Kesimpulannya, apapun bahan dasar yang digunakan pada minuman ringan di restoran-restoran cepat saji tidaklah menjamin kelayakan gizi atau nutrisi bagi tubuh kita maupun anak-anak. Tetaplah yang paling benar adalah perbanyak minum air mineral setiap hari.

Comment di sini