Orangutan pun Pakai iPad di Amerika Serikat (Video)

by
May 10th, 2012 at 2:40 pm

Salah satu produk Apple yang digandrungi banyak peminat ini, mulai dari pembisnis sampai anak sekolahan, tua hingga muda. Bahkan balita pun sangat gemar memainkan tablet ini. Lalu bagaimana jika penggemarnya juga datang dari kalangan hewan?

Kebun binatang di Miami, Amerika Serikat, The Miami’s Jungle Island, sedang menguji coba teknologi terhadap hewan. Hewan yang dipakai ialah orangutan yang dinilai memiliki sebagian besar gen yang mirip dengan manusia.

Ada 6 orangutan yang dicoba untuk berkomunikasi dengan iPad. Orangutan yang masih muda terlihat sangat tertarik dengan iPad sedangkan yang lebih tua terlihat tidak tertarik menggunakan alat ini. Linda Jacobs, yang mengawasi percobaan ini mengatakan bahwa hal ini merupakan bagian dari program rangsangan mental bagi para kera, khususnya orangutan. Orangutan tersebut akan diminta untuk menekan tombol yang sesuai ketika seorang pelatih menyebutkan nama sebuah benda.

Inilah foto saat seekor orangutan menggunakan iPad.

Ternyata hewan yang menggunakan iPad bukan hanya kera saja tapi lumba-lumba juga, seperti yang dikatakan Linda bahwa dia pertama kali mencoba hal ini pada kera atas saran dari seseorang yang sudah mencoba teknologi ini kepada lumba-lumba.

iPad sangat membantu para penjaga orangutan di kebun binatang. Kalau dulu mereka berkomunikasi dengan menggunakan simbol dan memakan waktu yang cukup lama, tapi sekarang dengan menggunakan iPad, seekor orangutan dapat mengerti pertanyaan sederhana dan dapat menjawab pertanyaan itu hanya dengan menekan iPad mereka. Mereka juga bisa mengidentifikasi benda-benda, mengutarakan apa yang mereka inginkan, dan mengetahui bagian-bagian tubuh. Memang kera dinilai sebagai makhluk pintar. Lalu bagaimana dengan manusia yang masih gaptek?

Linda juga mengatakan bahwa dengan iPad, mereka bisa mengetahui jika ada orangutan yang sakit. Mereka juga bisa memantau kesehatan para orangutan setiap harinya. “Sebenarnya, orangutan adalah hewan yang sangat luar biasa, hanya saja mereka terbentur oleh keterbatasan fisiknya, yaitu tidak mampu berbicara,” ungkap Linda.

Seorang ilmuwan dan juga pelestari, Birute Mary Galdikas, yang juga seorang pendiri Yayasan Internasional Orangutan (Orangutan Foundation International) mengatakan bahwa orangutan adalah hewan yang paling pintar. di tempat ia mempelajari perilaku orangutan selam 4 tahun, dia menemukan bahwa mereka sudah menggunakan alat untuk menggaruk punggungnya. Hal ini menyatakan bahwa orangutan mempunyai kreativitas dalam berpikir.

Jadi, jangan mau kalah dengan orangutan. Mereka saja sudah bisa memakai iPad untuk berkomunikasi.

Comment di sini