Temuan Baru Kalender Maya: Kiamat Bukan Tahun 2012 (Video)

by
May 11th, 2012 at 11:33 am

Kalender Maya memang cukup terkenal karena keakuratan dan tingkat kesulitan untuk memahami isi kalender tersebut. Maya sebenarnya merupakan suku pre-colombia Mesoamerica. Mereka juga mempunyai piramida sendiri yang terkenal di Mexico, lebih tepatnya, di Yucatan.

Berita terbaru datang dari penelitian yang dilakukan di Guatemala yang dilakukan oleh William Saturno dari Universitas Boston (Boston University). Dia juga seorang pemimpin dalam penulisan jurnal Science.

Para peneliti menemukan tulisan baru di tembok-tembok gua di Guatemala yang menunjukan obsesi suku Maya ini terhadap perputaran waktu/lingkaran waktu. Dalam temuan gambar dinding yang baru ditemukan ini, suku Maya menunjukan era yang jauh melampaui tahun 2012, tahun yang dianggap sebagai akhir dari dunia ini.

Memang suku Maya terkenal dengan sistem penanggalan yang sempurna dan pernghitungan perbintangan yang rumit dengan metode berpikir abstrak yang tinggi. Suku Maya terdahulu yang mendiamai kuil di piramida, telah punah pada 900 A.D (Anno Domini), tapi masih ada sekitar 7 juta penduduk suku Maya yang masih bertahan hidup di  Amerika Tengah.

William juga mengatakan bahwa angka-angka yang mereka temukan pada gambar di tembok-tembok itu mungkin sudah dituliskan kembali oleh seorang ahli kitab suku Maya ke dalam sebuah buku. Setiap angka dan gambar-gambar dinding yang sangat kecil ini tidak hanya menunjukan kalender perayaan 260 hari, 1 tahun 365 hari, tapi juga 584 hari masa perputaran Venus, dan 780 hari perputaran Mars.

Ketika meneliti lebih dalam pada setiap tiangnya, William menemukan bahwa simbol-simbol dan angka yang digunakan terlihat mirip dengan penghitungan gerhana bulan yang ditemukan pada tulisan Maya di awal abad ke-16.

Victoria Bricker, seorang antropolog peneliti Suku Maya dari  Tulane University  penjelajahan ini sangat menarik. Semua tulisan suku Maya yang terdapat di tembok-tembok yang seperti papan tulis bagi para ahli kitab Maya sangat berkaitan erat dengan penelitian astronomi. Hal ini membuktikan bahwa astronomi memang mempunyai peranan penting bagi peradaban suku Mayan.

Berikut cuplikan video yang bisa Anda saksikan terkait penelitian ini:

Comment di sini