7 Profesi Ini Bisa Membuatmu Mati Muda

by
May 14th, 2012 at 12:00 pm

Ternyata bukan hanya pola makan dan gaya hidup yang tak sehat membuat seseorang menderita penyakit.

Kali ini, seperti dilansir HuffingtonPost ada juga profesi-profesi yang dapat memicu penyakit dalam tubuh seseorang. Apabila ketahanan tubuhmu jelek, bisa-bisa maut menjemput ketika kamu masih muda.

 

Apa saja pekerjaan yang “membahayakan” itu?

1. Bankir

Bankir beresiko terkena penyakit kepribadian dan lebih emosional. Mereka cenderung lebih cepat emosional dan juga stres serta kelelahan. Bahkan ada juga orang yang tetap menderita kelainan ini meskipun telah meninggalkan profesi ini.

2. Guru

Jangan dikira profesi ini tidak akan membawa resiko. Ternyata menjadi guru juga ada resiko kesehatannya. Penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa berdiri terlalu lama dapat menyebabkan arthritis apalagi jika orang itu menggunakan sepatu berhak tinggi. Sepertinya SPG juga punya resiko yang sama.

3. Tentara

Sebuah situs di internet menunjukkan bahwa tentara adalah pekerja yang memiliki resiko stres paling tinggi karena mereka dituntut untuk disiplin, fisik dan sedikit waktu untuk bersantai dan bertemu keluarga. Pemadam kebakaran pada posisi ke dua dan pilot pada posisi ke tiga.

4. Buruh

Menjadi buruh bukannya tanpa resiko. Resiko kesehatan terbesar yang akan dihadapi oleh buruh adalah gangguan pernapasan. Tempat kerja yang tertutup atau berdebu dengan kualitas udara yang jelek dapat mengakibatkan berbagai gangguan pernapasan seperti kanker, asbestosis dan mesothelioma.

5. Perawat

Survey di Amerika menemukan bahwa 13% perawat mangalami depresi berat. Orang yang bekerja sebagai perawat memiliki resiko yang cukup tinggi karena kegiatannya yang juga sangat berat merawat orang yang sakit, membutuhkan kesabaran dan juga ketelitian serta shift malam yang kadang dapat membuat tubuh menjadi kelelahan. Survey juga membuktikan bahwa 4 perawat bagi manula datu diantaranya akan menderita depresi.

6. Karyawan shift malam

Resiko gangguan tidur adalah masalah utama yang biasa dialami oleh pekerja dengan jam kerja malam hari. Bekerja malam hari sangat beresiko membuat perbedaan jam tidur dan jadwal bangun pada kebanyakan orang. Orang yang terlalu sering bekerja pada malam hari biasanya tidak bersemangat, kurang energi, sakit kepala, dan sulit berkonsentrasi.

7. Karyawan yang suka lembur

Lembur tidak ada salahnya jika dilakukan sesekali tapi jika sudah dilakukan hampir tiap hari ini akan merusak kesehatan. Bekerja selama 8 jam perhari lebih aman dibandingkan dengan mereka yang bekerja selama 11 jam sehari. Para pekerja lembur memiliki resiko 2 kali lebih tinggi mengalami depresi dari pada mereka yang tidak lembur.

Jadi apakah profesi kamu termasuk diantaranya? Jangan khawatir asal kamu enjoy dan menyukai pekerjaan kamu, kamu ga bakalan kena depresi atau stres asal kamu juga lakuin kebiasaan makan makanan sehat dan olahraga.

Comment di sini