Berjalan Sambil SMS-an Bisa Kena Denda

by
May 14th, 2012 at 3:48 pm

Perkembangan yang pesat akan penggunaan smartphone atau ponsel cerdas membuat orang seakan semakin tidak peduli terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya. Gadget-gadget saat ini mampu menghipnotis orang untuk terus memandangi barang-barang canggih itu.

Seperti yang sudah kita ketahui kalau sekarang ini, di beberapa negara termasuk Amerika dan Indonesia sudah dikeluarkan peraturan yang melarang orang untuk menerima telepon atau menelepon dan mengirim pesan singkat saat berkendara baik menggunakan mobil ataupun motor.

Sebagaimana peraturan untuk pengendara sudah diberlakukan, pihak Kepolisian Fort Lee, New Jersey, juga menganggap peraturan itu juga perlu diberlakukan bagi para pejalan kaki.

Kepala polisi, Thomas Ripoli, mengatakan, “Polisi akan mendenda $85 kepada setiap orang yang ber-SMS ria ketika sedang berjalan kaki dan menyeberang jalan.”

Di New Jersey telah terjadi 20 orang pejalan kaki yang tertabrak mobil hanya karena mereka tidak memperhatikan keadaan jalanan, malahan SMS-an saat menyeberang ataupun berjalan kaki. Setiap bulannya tercatat ada 117 orang yang melakukan SMS ketika sedang berjalan, di kota tersebut. Bagaimana jika di seluruh Amerika? Bagaimana jika dihitung di seluruh dunia?

Sang kepala Polisi, Thomas Ripoli berkata, “Ini sangat berbahaya sehingga kami membuat peraturan ini, mengingat bahwa sudah ada peraturan yang melarang para pengendara mobil untuk tidak menggunakan smartphone mereka saat berkendara. Kami pikir hal ini juga sangat perlu diperuntukan bagi para pejalan kaki terkait banyaknya kasus kecelakaan yang sudah kerap kali terjadi.”

Tentunya peraturan ini tidak langsung diberlakukan begitu saja, tapi pihak kepolisian sudah menyebarkan selebaran peringatan terlebih dahulu kepada seluruh masyarakat mengenai peraturan denda yang akan diberlakukan bagi para pejalan kaki yang melakukan SMS ketika berjalan dan menyeberang jalan.

Berikut cuplikan berita mengenai peraturan ini.

Sepertinya, peraturan seperti ini juga perlu diterapkan di Indonesia mengingat bahwa pejalan kaki pun banyak yang berjalan sambil berteleponan ataupun SMS-an.

Comment di sini