Di Korea, Girlband Minta Maaf Setelah Ketahuan Lipsync

by
May 14th, 2012 at 11:25 am

Grup K-pop 4Minute sedang dirundung masalah. Grup yang satu ini harus menahan malu karena salah satu personilnya ketauan lip sync saat tampil di sebuah stasiun televisi, KBS music bank satu bulan yang lalu. Hal memalukan ini akhirnya memaksa manajemen 4Minute untuk memberikan permintaan maaf secara resmi kepada publik.

Memang terdapat perubahan dalam penampilan dan penyanyi K-pop di televisi. Grup K-pop ini biasanya membutuhkan backing voal atau vokal latar yang akan membantu menyanyikan frase yang sama. Tujuan dari vokal accompaninement ini adalah untuk mempertebal suara yang lemah.

Kesalahan salah satu grup 4Minute ini HyunA adalah dia tidak bernyanyi dengan tepat pada saat vokal latar dimainkan. Inilah yang menjadi kontroversi.

Adapula grup yang juga memiliki kontroversi yang hampir sama yaitu Wonder Girls karena mereka terdengar terbata-bata dan tersengal saat menyanyikan lagu padahal grup K-pop dituntut untuk dapat menari dan bernyanyi sekaligus. Karena hal ini kemampuan vokal Wonder Girls pun dipertanyakan.

MR removed mungkin salah satu yang cukup menakutkan akan tetapi ini adalah tes yang paling baik untuk melihat kemampuan vokal seseorang. Sub unit dari Girl’s generation, Taeyeon, Tiffany dan Seohyun mendapat keuntungan dari tes semacam ini. Mereka dapat menunjukkan vokal mereka yang luar biasa.

Memang tidak mudah menjadi artis K-pop karena mereka benar-benar mengejar kesempurnaan, sangat berbeda dengan grup serupa di Indonesia. Artis K-pop ini benar-benar akan mendapat kritik dan hujatan jika mereka lip sync. Mau tak mau grup K-pop harus bergantung pada diri sendiri karena penggemar dan kritikus musik selalu mengawasi mereka. Kalau di Indonesia, bagaimana menurut kamu?

Comment di sini