Ritual Unik Kawin Ramai-ramai Kepiting Tapal Kuda (Video)

by
May 14th, 2012 at 12:54 pm

Horseshoe Crab atau Kepiting Tapal Kuda merupakan jenis kepiting yang berbeda dengan kepiting jenis biasa pada umumnya. Kepiting ini kelihatan lebih mirip dengan ikan pari. Hewan yang sudah ada sejak zaman pra-sejarah ini memiliki ritual perkawinan yang terjadi setiap musim semi di pinggir pantai.

Ya, setiap musim semi mereka akan naik ke dekat pinggir pantai untuk melakukan ritual perkawinan mereka. Pada kepiting jenis ini, yang betina memiliki ukuran yang lebih besar dari si jantan. Pada musim kawin seperti ini, si jantan akan menempelkan badannya terus kepada sang betina di bagian belakangnya, sampai sang betina mengeluarkan telurnya di pasir.

Begitulah ritual yang mereka lakukan. Hal ini mungkin agak sedikit mengerikan bagi pengunjung pantai, tapi juga menarik perhatian mereka, karena kepiting ini melakukan ritualnya secara berkelompok di pinggir pantai. Anda dapat menyaksikannya sendiri melalui video berikut ini.

Seorang biologis bernama Martin Shreibman berkata, “Telur-telur akan berada di atas pasir selama kurang lebih 1 bulan hingga pasang membawa mereka ke tengah laut.”

Comment di sini