Tim SAR Temukan Satu Jenazah Korban Sukhoi Yang Masih Utuh

by
May 14th, 2012 at 10:04 am

Tim SAR telah berhasil mengevakuasi sejumlah kantung jenazah yang berisi bagian-bagian tubuh dari korban Sukhoi Superjet 100. Sebagian besar tubuh korban yang sudah ditemukan dalam kondisi hancur. Namun, tim SAR pada hari Sabtu (12/5/2012) kemarin berhasil menemukan satu jenazah yang masih utuh.

Belum dipastikan secara resmi identitas jenazah tersebut. Tapi, ciri-cirinya, diduga dia adalah Kornel Sihombing, karyawan PT Dirgantara Indonesia. Karena dalam dompet korban terdapat kartu tanda penduduk (KTP) dengan nama Kornel.

Identifikasi jenzah korban yang masih utuh ini diprediksikan akan berlangsung cepat. Pasalnya kondisi tubuh korban sebagian besar masih utuh dan bisa dicocokan dengan foto yang ada di KTP.

“Hanya ada beberapa luka di sini (sambil menunjuk paha),” kata Eko seorang anggota tim relawan, saat melaporkan kondisi evakuasi terakhir ke koordinator tim gabungan, Komandan Korem Kolonel Infanteri A.M. Putranto, di Pos 1 Pasir Manggis, Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat.

Hingga Sabtu 12 Mei, total sudah 16 kantong jenazah yang sudah tiba di RS Polri untuk diidentifikasi. Menurut keterangan Direktur Eksekutif Tim Disaster Victim Identification (DVI) Indonesia Kombes Anton Chastilani, korban yang dimasukkan dalam kantong sudah tidak utuh lagi.

Proses identifikasi korban sendiri diprediksikan akan berlangsung lama. Apalagi ada beberapa keluarga korban yang belum melengkapi data dari korban pesawat Sukhoi Superjet 100. “Minimal (butuh waktu) dua minggu, itu untuk identifikasi DNA saja. Proses identifikasi jenazah seperti menyusun puzzle yang sangat besar,” ujar Anton.

Sementara itu pihak dari Rusia juga telah menurunkan tim identifikasi untuk bekerjasama dengan petugas Indonesia. Selain itu, Rusia juga mengirimkan tim evakuasi bantuan yang mulai bergabung bersama SAR dan TNI mulai hari Minggu (13/4/2012) kemarin.

Rencananya proses evakuasi untuk hari ini akan menarjetkan Black Box pesawat bisa ditemukan. Namun, cuaca saat ini di sekitar Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat sempat di guyur hujan kecil. Kondisi ini tentunya akan berbahaya bagi tim evakuasi.

Comment di sini