CiriCara: Cara Mengetahui Jika Seseorang Sedang Berbohong

by
May 15th, 2012 at 4:25 pm

Apakah Anda terlalu polos untuk mengetahui apa ada orang membohongi Anda? Kini CiriCara.com memberikan daftar cara untuk mengetahui bila seseorang berbohong kepada Anda.

1. Perhatikan gerakan tubuh saat orang berbicara. Gerakan tubuh tidak dapat menipu karena biasanya orang yang sedang grogi tanpa sadar akan melakukan gerakan tubuh yang aneh-aneh, seperti menggaruk-garuk tiada henti walau sebenarnya tidak ada yang gatal.

2. Tatap mata orang tersebut. Jika ia menolak memberi tatapan balik kepada Anda, maka Anda harus berhati-hati. Ketika orang berbohong, ia cenderung tidak berani memberi tatapan langsung kepada lawan bicaranya, atau pandangannya tidak fokus tapi malah lihat kanan-kiri.

3. Terlalu banyak gerakan yang tidak perlu seperti memegang mukanya berulang kali, memegang tenggorokannya, atau mulai berkeringat padahal sedang di ruangan ber-AC.

4. Ekspresi pada mukanya tidak sesuai dengan kata-kata yang sedang dia ucapkan, misalnya: dia bilang kalau sedang senang tapi ekspresinya malah seperti orang bingung yang sedang menutupi suatu rahasia.

5. Seperti ingin mengalihkan perhatian, orang yang sedang berbohong cenderung berbicara dengan menggunakan banyak gerakan tangan di depan tubuh mereka.

6. Ekspresi yang terpancar dari mukanya tidak dengan sepenuh hati. Ekspresinya seakan-akan seperti ada yang tertahan atau dengan kata lain ekspresi yang dibuat-buat.

7. Seorang yang sadar sudah melakukan kebohongan akan cenderung untuk membela diri, bahkan ada yang membela dirinya dengan marah-marah karena takut ketahuan kalau dia sudah berbohong.

8. Orang yang sedang menutupi kebohongannya, biasanya sering melakukan hal-hal di luar sadar seperti membuat jarak saat diajak berbicara, atau meletakkan suatu benda di antara dia dan orang yang sedang berbicara dengannya.

9. Orang yang berbohong cenderung merasa tidak nyaman dengan percakapan atau pertanyaan, jadi mereka lebih sering memilih untuk menghindar.

10. Mereka juga akan mengulang pertanyaan yang diajukan, atau mengulang kata-kata yang sudah dia katakan atau yang orang lain katakan.

11. Adakalanya, seorang yang berbohong itu tidak menjawab pertanyaan secara jelas dan langsung. Mereka cenderung memberikan jawaban yang memiliki interpretasi yang banyak, karena mereka takut untuk menyatakan suatu hal.

12. Intonasi tidak berlaku bagi mereka yang sedang berbohong, keseringan mereka akan berkata-kata dalam intonasi yang sama sepanjang percakapan.

13. Tapi mereka juga bisa berkata-kata lebih banyak daripada biasanya karena mereka merasa sangat gugup ketika suasana berubah menjadi diam/tenang.

14. Susunan kalimat mereka juga akan terasa kacau dari biasanya, seperti tidak nyambung dengan hal yang sedang dibicarakan.

15. Yang terakhir, tanpa sadar mereka akan memakai kata-kata yang panjang untuk menghindari pertanyaan berikutnya yang belum tentu dapat mereka jawab.

Comment di sini