Benny K. Harman: Alasan polisi larang konser Lady Gaga tak masuk akal

by
May 15th, 2012 at 3:33 pm

The Jakarta Post

Polda Metro Jaya yang mengatakan tidak akan merekomendasikan konser Lady Gaga mendapat tanggapan negatif dari Ketua Komisi III DPR Benny Kabur Harman. Benny mengatakan bahwa tidak ada alasan yang mendasar bagi Polri untuk melarang konser tersebut diadakan.

Menurutnya Polri juga harus menjelaskan kepada masyarakat luas tentang alasan penolakan konser yang rencananya diadakan pada 3 Juni mendatang. Dia juga mengatakan bahwa masyarakat butuh informasi yang jelas dan transparan. Dia juga menegaskan bahwa sekarang bukan lagi zamannya berekspresi dilarang dengan alasan yang tidak masuk akal.

Ahmad Basarah, anggota komisi III DPR RI, memiliki pendapat yang berbeda dengan Benny. Menurutnya langkah Polda Metro Jaya merupakan salah satu bentuk seleksi akan budaya asing yang masuk ke Tanah Air sebab saat ini Indonesia sedang mengalami krisis jati diri.

Dia juga menegaskan bahwa pencegahan dan juga sikap selektif terhadap masuknya budaya asing ke Indonesia harus tegas dan terukur. Anggota DPR RI dari fraksi PDIP ini juga menegaskan bahwa, semuanya harus berdasarkan dengan hukum yang berlaku serta Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum.

Basarah mengapresiasi langkah dan sikap Polda Metro Jaya yang menolak memberikan izin kepada pihak promotor dan panitia penyelenggara konser Lady Gaga yang akan mempertontonkan kebebasan berekspresi ala Barat.

Basarah juga mengatakan bahwa Polri harus berani dan tegas dalam bersikap untuk menghadapi upaya kelompok tertentu yang ingin mempertontonkan budaya Timur Tengah secara vulgar yang juga tidak sesuai dengan ideologi Pancasila dan sistem demokrasi. Ia berpendapatĀ pemerintah tidak boleh diskriminatif.

Basarah mencontohkan pembubaran dan pelarangan diskusi buku di Salihara merupakan bukti nyata pemaksaan kehendak orang-orang yang ingin memaksakan ideologi Timur Tengah menjadi praktik di Indonesia.

Keputusan Polri untuk tidak mengeluarkan izin konser Lady Gaga di GBK diambil setelah masukan dari berbagai organisasi kemasyarakatan. Meskipun begitu, pihak promotor belum memberikan keterangan resmi soal batalnya konser Lady Gaga di Jakarta.

Comment di sini