CiriCara: Cara Mengatasi Penyakit Keputihan

by
May 15th, 2012 at 2:16 pm

Perempuan memang memiliki keistimewaan tersendiri. Kali ini ada penyakit yang hanya menyerang kaum hawa yaitu keputihan. Pernahkan kamu terserang penyakit ini? Sebagian besar perempuan pernah mengalami masalah seperti ini. Di Indonesia sendiri, penyakit keputihan merupakan penyakit yang sering menyerang kaum hawa karena udara di sini memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi.

Sayangnya, penyakit ini biasa dibiarkan dan disepelekan oleh mayoritas kaum hawa padahal keputihan merupakan gejala yang tidak normal. Alasan malu mencegah para perempuan untuk berkonsultasi dengan dokter ahli kandungan. Jika infeksi seperti keputihan dibiarkan, bisa mengakibatkan kanker dan juga kemandulan. Sedangkan pada ibu hamil, penyakit ini akan mempengaruhi janin.

Penyebab penyakit ini adalah infeksi jamur dan bakteri, jamur candida albicans, bakteri Neisseria gonorrhea, parasit trochomonas vaginalis, stres, kelelahan kronis, peradangan pada alat kelamin, benda asing dalam vagina, gangguan hormon atau gejala penyakit organ dalam kandungan seperti kanker misalnya.

Keputihan yang normal biasanya bening dan tidak berbau, munculnya beberapa hari sebelum dan sesudah masa haid. Dapat juga terjadi pada masa ovulasi yaitu 12 atau 14 hari setelah menstruasi. Keputihan yang tidak normal biasanya berwarna kuning sampai kehijauan, berjumlah sangat banyak, panas, lengket bahkan gatal. Gejala seperti ini harus segera ditangani karena bisa jadi adalah indikasi adanya kanker rahim.

Cara mengatasi keputihan:
1. Mengkonsumsi minuman traidisional biasanya rebusan daun sirih 1 gelas dengan dosis 2-3 kali seminggu
2. Dibasuh dengan pembersih khusus kewanitaan
3. Menjaga kebersihan dengan cara mengganti celana dalam minimal 2 kali sehari atau ketika terasa lembab
4. Rajin berganti pembalut pada saat menstruasi akan membantu mengurangi kelembaban
5. Dengan mungunjungi dokter spesialis kandungan dan berkonsultasilah tentang keputihan yang kamu alami

Itu dia ciri-ciri terserang penyakit keputihan yang biasa menyerang wanita di segala usia. Yang harus diperhatikan adalah kebersihan diri dan organ kewanitaan. Jika mengalami gejala yang tidak wajar, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Bagaimana? Masih meremehkan keputihan?

Comment di sini