CiriCara: Ciri-Ciri Penyakit Asam Urat

by
May 15th, 2012 at 11:25 am

Asam urat adalah penyakit yang biasa diderita oleh hampir semua golongan baik muda maupun tua. Namun begitu penyakit ini umumnya menyerang orang-orang yang sudah tua. Penyakit asam urat juga biasa disebut arthritis gout. Penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya nyeri berulang di daerah persendian. Nyeri ini muncul akibat adanya endapan kristal monosodium urat sebagai akibat dari tingginya kadar asam urat dalam darah atau hiperurikimia.

Asam urat sendiri adalah sisa metabolisme zat purin. Zat purin berasal dari makanan yang dikonsumsi dan juga hasil samping pemecahan sel dalam darah. Zat ini juga terdapat dalam setiap makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup seperti jeroan dan otak. Singkat kata, semua makhluk hidup memiliki zat purin dalam tubuh dan manusia memakan makhluk hidup dan tentu saja zat purin berpindah ke dalam tubuh kita.

Makanan yang mengandung zat purin tinggi conothnya seperti kerang, otak, jeroan, ekstrak kaldu ayam atau daging, daging bebek danikan sarden.

Ginjal akan mengeluarkan zat purin dari dalam tubuh melalui urin dan kotoran (feses). Jika ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada maka kadarnya akan meningkat dalam tubuh. Asam urat ini kemudian akan mengkristal dan menumpuk di persendian sehingga akan membengkak dan terasa nyeri.

Gejala dan tanda asam urat

Para penderita biasanya akan mengalami kesemutan , linu kesakitan atau nyeri sendi secara mendadak dan sering. Biasanya hanya pada satu sendi dan serangan biasa dimulai pada sendi-sendi besar kaki. Serangan biasanya terjadi pada fajar atau menjelang pagi hari. Sendi yang biasa diserang adalah pergelangan kaki, lutut, jari tangan atau bisa juga sendi lain. Selain itu tanda dan gejala yang lain adalah sendi yang terinfeksi akan terlihat bengkak, terasa panas, kemerahan dan nyeri luar biasa.

Penyebab asam urat

Peningkatan kadar asam urat dalam darah secara mendadak dalam jumlah yang cukup tinggi adalah penyebab utama. Ini bisa terjadi jika kamu mengonsumsi makanan dengan kadar asam urat yang tinggi. Oleh sebab itu, biasanya arthritis gout ditandai dengan serangan berulang pada sendi yang bermasalah, kadang juga disertai dengan pembentukan kristal natrium urat besar yang disebut dengan Tophus, deformitas sendi atau kerusakan sendi yang kronis dan juga kerusakan pada ginjal.

Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu pernah mengalami gejala di atas? Jika iya, sebaiknya kamu mulai atur makanan kamu sehingga terhindar dari asam urat akut yang juga akan menyebabkan kerusakan ginjal jika lama dibiarkan.

Comment di sini