Isu Menyesatkan Terkait Kecelakaan Sukhoi

by
May 15th, 2012 at 4:43 pm

revistaaerea.com

Tragedi jatuhnya Pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat masih meninggalkan misteri. Masyarakat semakin dibingungkan dengan makin banyaknya informasi yang bersifat menyesatkan terkait Sukhoi. Lalu informasi apa saja yang menyesatkan itu?

Belakangan ini banyak pihak yang mulai menyebarkan berita palsu terkait dengan jatuhnya Pesawat Sukhoi Superjet 100. Mulai dari foto jenazah korban Sukhoi palsu sampai berita mengenai perkembangan evakuasi pesawat yang tidak jelas asal-usulnya.

Berikut beberapa isu menyesatkan terkait kecelakaan Sukhoi yang beredar baru-baru ini:

1. Ada korban Sukhoi yang tersangkut di pohon menggunakan parasut

Kabar ini juga menyebutkan kalau ditemukannya jenazah korban Sukhoi yang masih utuh yang diduga pilot Sukhoi asal Rusia. Namun kabar tersebut dibantah oleh pihak Rumah Sakit Polri Dr Soekanto yang menampung kantung jenazah selama evakuasi.

Kepala Rumah Sakit Polri, Brigjen Pol Agus Prayitno mengatakan bahwa selama ini pihak rumah sakit belum menerima korban dengan menggunakan parasut. Korban yang jasadnya masih utuh juga belum ada.

2. Beredar foto korban pesawat Sukhoi di Twitter dan Blackberry Messenger

Foto-foto yang dikaitkan dengan korban pesawat Sukhoi Superjet 100 ternyata palsu. Menurut pakar telematika, Roy Suryo, foto-foto yang beredar itu 100% palsu semua. Menurutnya, foto tersebut diambil dari sebuah situs yang memberitakan kecelakaan pesawat milik maskapai Airblue di Pakistan pada 2010 silam.

Roy Suryo juga mengungkapkan bahwa penyebar foto palsu tersebut adalah sebuah akun di Twitter yang berinisial YS. Namun akun tersebut sudah dihapus. YS kini sedang dicari oleh pihak penyidik cyber Polri.

3. Black Box Pesawat Sukhoi Sudah Ditemukan

Kepala Basarnas, Marsekal Madya TNI Daryatmo menegaskan black box pesawat Sukhoi yang jatuh belum ditemukan. Ia mengatakan timnya masih melakukan pencarian dan belum menemukan black box tersebut.

4. Video ramalan TB Joshua dari Nigeria tentang Sukhoi Superjet 100

Sempat beredar sebuah video di Youtube yang menerangkan sebuah ramalan dari peramal asal Nigeria, TB Joshua terkait tragedi Sukhoi. Namun video tersebut ternyata palsu dan diambil dari dua video yang berbeda. Terlihat jelas video itu adalah hasil rekayasa karena pakaian peramal yang berubah-ubah.

Menurut salah seorang penonton Youtube, video tersebut diunggah pada Maret 2011, bukan pada Minggu pekan lalu. Dari situlah bisa disimpulkan bahwa video itu ternyata palsu.

Bagi Anda yang masih mencari berita atau info terbaru mengenai pesawat Sukhoi Superjet 100 yang terjatuh sebaiknya jangan mudah percaya. Apalagi jika sumber beritanya tidak jelas atau bahkan sama sekali tidak ada. :)

Comment di sini