Di Amerika, Seorang Penjaga Kampus pun Bisa Jadi Sarjana

by
May 15th, 2012 at 8:38 am

Dalam hidup, kita memang harus terus berjuang. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Banyak hal-hal yang tidak terduga dapat terjadi jika seseorang tetap berjuang dalam hidupnya seperti apa yang dialami oleh seorang penjaga kampus di Amerika Serikat ini.

Gac Filipaj merupakan seorang penjaga kampus, tapi ia juga merupakan seorang mahasiswa di Universitas Colombia tempat ia bekerja dan kini ia sudah meraih gelar sarjana untuk jurusan Kesusastraan Kuno.

Pria berusia 52 tahun ini berasal dari Yugoslavia. Bahasa sehari-hari yang ia gunakan adalah Bahasa Albania. Gac bisa masuk  Universitas Colombia setelah belajar bahasa Inggris terlebih dahulu.

Mulanya, Gac memutuskan untuk meninggalkan keluarganya yang tinggal di desa bernama Donja Klezna untuk pindah ke New York dan tinggal bersama pamannya. Kemudian ia mulai bekerja di sebuah restoran di New York.

Semasa kerjanya, dia mencari informasi dengan bertanya tentang universitas yang bagus di New York, yang kebetulan pada masa itu adalah University of Colombia, lalu Gac coba datang ke sana apakah dia bisa mendapatkan pekerjaan sambil kuliah. Ternyata nasib baik berada di pihaknya. Dia bisa bekerja sebagai penjaga kampus yang bertugas untuk menjaga kebersihan.

Gac mampu melewati masa-masa sulit dalam hidupnya di mana dia harus bekerja dan kuliah, serta membiayai kedua anak-anaknya di desa Donja Klenza.

Tetapi ia kini patut berbangga hati karena sudah meraih gelar sarjananya dari Universitas Colombia. Gac tidak merasa malu ketika hadir di perayaan hari kelulusannya yang sebagian besar pesertanya adalah anak-anak yang berusia 20 tahunan. Dia malah merasa sangat bangga, namun, dia berharap ayahnya masih hidup untuk ikut menikmati apa yang dia sudah raih itu.

Sungguh contoh yang sangat luar biasa. Semangat Gac untuk belajar dan bekerja demi keluarganya dapat dijadikan contoh bagi kita semua. Tiada kata terlambat untuk belajar karena sampai kapanpun hidup itu adalah belajar juga.

Comment di sini