Bersiaplah Untuk Gerhana Matahari 20 Mei Mendatang

by
May 16th, 2012 at 10:00 am

National Geographic

Gerhana Matahari merupakan peristiwa alam yang selalu menarik perhatian seluruh penduduk Bumi, baik para astronom maupun orang awam. Maka bersiaplah untuk menyaksikan peristiwa alam yang mencengangkan ini.

Gerhana Matahari dapat terjadi jika bulan berada dalam posisi garis lurus antara bumi dan matahari sehingga matahari terhalang oleh bulan dan sinarnya menjadi redup bila dilihat dari Bumi.

Gerhana Matahari ini tentunya terjadi pada siang hari atau menjelang sore hari. Biasanya, gerhana matahari terjadi setiap tahun, seperti tahun lalu terjadi gerhana matahari pada tanggal 4 Januari 2011. Pada tahun 2012 ini, para ilmuwan antariksa memprediksi bahwa gerhana matahari akan terjadi pada 20 Mei.

Ini bukanlah gerhana matahari total, melainkan sebagian. Bulan kira-kira akan menutupi 94% dari matahari sehingga akan terbentuk cincin berwarna kemerah-merahan yang agak tebal di pinggirnya, layaknya seperti lempengan berapi.

Gerhana ini akan dinikmati oleh sebagian besar masyarakat di Amerika khusunya daerah Texas, Nevada, New Mexico, Canada dan California. Tentunya negara-negara lain akan mendapatkan bagian dari gerhana ini seperti Jepang, China, dan Indonesia apabila cuacanya pun bersahabat.

Tetapi ingat, walaupun ini gerhana matahari yang mana sudah dijelaskan bahwa matahari akan terhalang oleh bulan, tetap saja Anda harus menggunakan alat untuk melihatnya, paling tidak kacamata hitam. Melihat langsung peristiwa ini dengan mata telanjang akan merusak indera penglihatan Anda.

Comment di sini