CiriCara: Cara Membuat Nugget Sayur Yang Sehat

by
May 16th, 2012 at 4:51 pm

Apakah anak Anda suka makan nugget namun tidak suka sayur? Tenang, ada kok nugget yang terbuat dari sayur. Dijamin, nugget ini bakal jadi camilan anak yang sehat dan pastinya sangat cocok buat asupan gizi si anak. Tertarik membuatnya sendiri di rumah?

Masalah yang sering dijumpai oleh para ibu adalah anak yang susah makan sayur. Nah, kali ini masalah ini bisa teratasi dengan adanya nugget sayur. Walau terbuat dari perpaduan berbagai macam sayur, dijamin anak Anda bakal suka karena dia pikir ini adalah nugget ayam atau sapi.

Langsung saja yuk simak cara membuat nugget sayur yang menyehatkan berikut ini:

Resep Nugget Sayur
Bahan:
- 100 gram udang, haluskan
- 100 gram wortel, parut
- 100 gram bayam, haluskan
- 100 ml santan
- 2 butir telur
- 50 gram tepung sagu
- 2 sdt garam
- 1 sdt merica halus
- 1 sdt gula pasir

Bumbu yang harus Anda haluskan adalah:
- 3 butir bawang merah
- 1 siung bawang putih
- 1 sdt parutan jahe
- Haluskan ketiga bahan di atas sampai benar-benar halus

Bahan pelapis dan pelengkap:
- 1 butir telur
- 100 gram tepung roti
- Minyak goreng secukupnya
- Saus tomat atau mayones (untuk teman makan setelah nugget matang dan siap disantap)

Cara membuat:
- Campur udang dan sayur yang sudah halus dengan santan, telur, tepung sagu, garam, merica, dan gula pasir, aduk sampai rata. Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk lagi sampai rata.
- Siapkan loyang, olesi dengan minyak goreng atau margarin (agar adonan tidak lengket). Tuangkan adonan yang sudah tercampur rata kedalam loyang dan kukus selama 20 menit, angkat dan dinginkan.
- Setelah adonan di loyang dingin, pisahkan adonan dari loyang. Potong adonan sesuai selera Anda (bisa bintang atau bentuk binatang).
- Celupkan adonan yang sudah dipotong ke dalam telur kocok dan lumuri dengan tepung roti. Simpan di dalam lemari pendingin selama 2 jam.
- Goreng adonan yang sudah siap di minyak yang sudah panas. Goreng sampai berubah warna hingga kecokelatan, angkat dan tiriskan.
- Susun nugget sayur yang sudah digoreng di piring saji. Letakkan semakuk kecil saus tomat atau mayones di pinggir piring nugget. Hiasi sesuai dengan selera Anda.
- Hm… Nugget sayur yang sehat siap untuk dinikmati. :)

Resep ini hanya untuk membuat Nugget Sayur untuk 6 porsi saja.

Tidak usah khawatir, meski tidak semuanya terbuat dari sayur Nugget ini mempunyai nilai zigi yang baik untuk proses pertumbuhan anak Anda. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya sendiri di rumah?

Selamat mencoba dan semoga berhasil yah.! :D