Para Janda Nigeria Nikah Massal, Perdagangan Lumpuh

by
May 16th, 2012 at 9:58 am

Islamic Post

Pernikahan massal para janda yang digelar di Kota Kano, Nigeria, begitu menghebohkan hingga membuat perdagangan di kota ini terhenti. Ratusan ribu orang datang dan menyaksikan pernikahan para janda yang digelar pada hari Selasa (15/5) kemarin.

Pernikahan yang digagas polisi Syariah ini dipimpin oleh ulama Masjid Agung Kano, Profesor Sani Zaharadeen. Pernikahan massal diikuti oleh 100 janda bersama dengan pasangannya. Mereka berbaris mengikuti jalannya acara pernikahan di Istana Emir Kano.

Setelah stasiun radio setempat menyiarkan agar para pria membawa pasangannya untuk menikah dengan perempuan yang telah bercerai atau janda, jumlah peserta  diperkirakan bakal mencapai ribuan orang. Sebuah sumber mengatakan bahwa ini adalah salah satu langkah Emir Kano, Ado Bayero, untuk mempromosikan  pentingnya keutuhan keluarga karena makin maraknya perceraian di negeri ini.

Connect Nigeria

Kelompok-kelompok pemerhati hak perempuan di negara itu ikut mendukung pernikahan massal ini. Para pasangan yang akan menikah pun mendapat bimbingan dan konseling pernikahan sebelum mereka melakukan ijab.

Nigeria adalah negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam. Di sini banyak wanita yang kesulitan mendapat pekerjaan dan mencari nafkah jika status mereka janda baik karena bercerai atau suaminya meninggal. Di sisi lain, hanya sedikit sekali suami yang mampu memberikan nafkah pada para mantan istri. Seorang pengusaha lokal memberikan sumbangan mahar yang nilainya 70 dollar AS atau Rp. 700.000 bagi seratus pasangan baru ini.

Tidak hanya di Indonesia saja ternyata nikah massal diadakan namun juga di negara lain, bagaimana dengan sunat massal ya?

Comment di sini