Inilah Motif Pelaku Menyebar Foto Palsu Korban Sukhoi

by
May 16th, 2012 at 9:43 am

Aviationnews

Pelaku penyebar foto palsu korban Sukhoi yang berinisial YS akhirnya menyerahkan diri ke Polisi. Ia menjelaskan apa alasannya menyebar foto tersebut melalui pengacaranya. Lalu apa alasan dia menyebar foto palsu yang membuat heboh tersebut?

Muhammad Yahya Rasyid selaku kuasa hukum YS alias Yogi Samtani menjelaskan kalau kliennya tidak ada maksud menyebar foto palsu. Pasalnya Yogi juga tidak tahu kalau foto yang didapatnya adalah foto palsu.

“Awalnya empati. Tapi kenyataannya ada yang merespon negatif rasa empati itu. Dalam hal ini dia akui kesalahan itu karena tidak mengkroscek,” kata Rasyid seperti dikutip dari detikcom, Rabu (16/5/2012).

Rasyid menegaskan bahwa kliennya hanya mengunggah satu foto saja melalui akun Twitternya. Tidak sampai 2 jam, Yogi kembali menghapus foto tersebut karena ia mendapat banyak respon negatif. Meski sudah dihapus, ia tetap mendapat kecaman di media sosial lainnya.

Menurut Rasyid, Yogi akhirnya menyerahkan diri ke Mabes Polri, di Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (15/5/2012) kemarin. Ia merasa depresi karena rasa bela sungkawa yang diungkapkannya melalui foto tersebut mendapat respon yang negatif.

Rasyid juga menyampaikan permintaan maaf atas kelalaian Yogi dalam menyebarkan foto tersebut. Ia kembali menegaskan bahwa kliennya tidak pernah bermaksud menyebarkan berita bohong, ia hanya bermaksud berempati saja tidak lebih.

Yogi Samtani adalah seorang mahasiswa yang berkuliah di salah satu universitas di Jakarta. Ia merupakan pemuda asal Lampung. Akibat kelalaiannya tersebut, Yogi kini masih menjalani pemeriksaan di Mabes Polri.

Yogi terancam hukuman penjara karena dianggap telah melanggar Undang-Undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Ia dianggap telah melakukan tindak pidana karena telah meresahkan masyarakat.

Comment di sini