Video Bentrok Ambon Saat Pawai Obor Pattimura

by
May 16th, 2012 at 8:46 am

antara

Acara yang tadinya bertujuan untuk memperingati Pahlawan Nasional Pattimura di Ambon berakhir ricuh. Bentrok tiba-tiba terjadi saat rombongan peserta yang membawa obor diserang oleh sekelompok massa. Bentrok terjadi di Jalan Tulukabesi, Ambon, Maluku.

Rombongan yang membawa obor peringatan hari Pahlawan Nasional Pattimura tiba-tiba diserang oleh sekelompok orang tak dikenal dengan lemparan batu. Tak terima, rombongan pun melakukan aksi balasan hingga mengakibatkan bentrok.

Anggota TNI dan petugas kepolisian diterjunkan untuk melerai bentrok tersebut. Bentrok yang terjadi pada Selasa (15/5/2012) pukul 05.30 WIT kemarin itu sempat membuat suasana di Jalan Tulukabesi, Ambon mencekam.

Sejumlah toko memilih tutup karena takut terkena amukan massa yang emosi. Akibat bentrok tersebut sekitar 55 orang mengalami luka-luka. Tidak hanya itu 3 rumah milik warga juga dilaporkan rusak karena terkena lemparan batu. Dan 10 sepeda motor hangus dibakar massa yang emosi.

Berikut video bentrok Ambon, Selasa (15/5/2012) kemarin pagi seperti diambil dari VIVAnews:

Menurut Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution, bentrokan ini terjadi karena dipicu oleh provokasi. Karenanya dia meminta warga Ambon dan sekitarnya agar tidak mudah terprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sementara itu, suasana di Jalan Tulukabesi, Ambon pada Rabu (16/5/2012) pagi ini terlihat sudah mulai kondusif. Sejumlah pemilik toko yang tutup kini sudah mulai kembali membuka toko mereka.

Comment di sini