Awas! Sandal Jepit Bisa Mengakibatkan Kematian!

by
May 18th, 2012 at 3:57 pm

Menurut sebagian orang sandal jepit merupakan sandal yang paling enak dan nyaman dipakai untuk jalan-jalan santai. Namun tahukah kamu kalau sandal jepit ternyata membahayakan? Para ahli di EMSL Analytical, Amerika Serikat, menyimpulkan bahwa apabila kita sering memakai sandal jepit dalam jangka waktu yang lama maka kesehatan dapat terganggu.

Pada saat kita memakai sandal jepit, jari kaki tidak bisa terangkat dengan maksimal. Hal ini yang menyebabkan perubahan daya tekan yang lebih besar di pergelangan kaki dan daya tekan yang lebih kecil di tumit.

Kaki dapat rusak lebih parah dengan memakai sandal jepit dibandingkan dengan memakai sepatu hak tinggi. Para ahli mengatakan bahwa cara berjalan seseorang dapat berubah karena memakai sandal jepit, sehingga pada saat mengambil langkah untuk berjalan kita mendapatkan tekanan di bagian luar kaki daripada tumit. Hal seperti ini yang dapat mengakibatkan kerusakan jangka panjang pada kaki.

Selain itu sandal jepit kurang memberikan tumpuan pada telapak kaki, akibatnya dapat menyebabkan rasa sakit dan adanya lengkungan pada tendon. Tersandung ketika sedang memakai sandal jepit juga dapat mengakibatkan cedera yang parah.

Tidak hanya dapat menyebabkan resiko cedera yang parah tetapi sandal jepit juga merupakan sarang kuman penyakit. Bila kita memakai sandal jepit selama empat hari berturut-turut maka kaki akan menjadi sarang dan pusat bagi bakteri yang mematikan bernama staphylococcus aureus. Bakteri ini biasa tinggal dan bersembunyi pada karet sandal.

Hati-hati bila kamu mempunyai luka di sekitar kaki sebab bakteri staphylococcus aureus dapat memasuki aliran darah. Apabila tidak segera diobati maka akan menyebabkan kematian.

Manajer Laboratorium Mikrobiologi di EMSL Analytical yaitu Dennis Kinney, Ph.D mengatakan bahwa bakteri staphylococcus aureus dapat membuat sakit cukup berat jika bakteri tersebut masuk ke dalam luka dan ke dalam aliran darah, dimana bakteri bisa menyerang organ internal manapun. Jika tidak diobati dengan antibiotik, nyawa dapat terancam.

Comment di sini